Resmikan Yogyakarta Internasional Airport, Presiden: Dikerjakan Sangat Cepat Hanya 20 Bulan

0
517
Presiden Joko Widodo meresmikan Yogyakarta Internasional Airport pada Jumat, 28 Agustus 2020. FOTO: BPMI

(Vibizmedia-Nasional) Dalam kunjungan kerjanya hari ini, Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), pada Jumat, 28 Agustus 2020. Menurutnya, proses pengerjaan bandara internasional tersebut sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 20 bulan.

“Alhamdulillah bandara YIA telah selesai 100 persen, bandara ini dikerjakan sangat cepat hanya 20 bulan, cepat sekali,” jelas Presiden Jokowi saat peresmian yang disiarkan melalui video konferensi.

Presiden mengatakan bandara Yogyakarta ini memiliki landasan pacu atau runway yang lebih panjang dibandingkan Bandara Adisutjipto. Sehingga, bandara baru ini bisa didarati oleh pesawat-pesawat besar seperti Airbus A380 dan Boeing 777.

“Kalau kita bandingkan ini dengan airport lama yang di Adisutjipto panjang runway di sana 2.200 (meter), disini (YIA) 3.250 jauh lebih panjang,” terang Jokowi.

YIA, lanjut Presiden, juga memiliki luas 14 kali lipat bandara yang lama. Dengan luas yang besar tersebut, YIA dapat melayani hingga 20 juta penumpang.

“Kapasitas terminal untuk penumpang (bandara) yang lama itu hanya bisa menampung 1,6 juta penumpang, disini (YIA) bisa 20 juta penumpang,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here