11 Kementerian/Lembaga Tandatangani Nota Kesepahaman Sinergi Penyelenggaraan Data

0
489
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FOTO: BAPPENAS

(Vibizmedia-Nasional) Sebagai Dewan Pengarah Satu Data Indonesia (SDI), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan peran SDI sangat penting dalam mendukung pelaksanaan fokus-fokus pembangunan 2021, yakni Reformasi Sistem Kesehatan Nasional, Reformasi Sistem Perlindungan Nasional dan Penguatan Ketahanan Pangan.

Hal ini sejalan dengan Perpres No. 39 Tahun 2019, Satu Data Indonesia dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh Instansi Pusat dan Instansi Daerah untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Atas dasar tersebut, pada hari Senin 31 Agustus 2020, di Jakarta, Sebelas Kementerian/Lembaga termasuk Kementerian PPN/Bapennas menandatangani Nota Kesepahaman tentang Sinergi Penyelenggaraan Data dan Informasi Kelautan untuk Pembangunan Nasional.

Sebelas Kementerian/Lembaga yang hadir dalam penandatanganan nota kesepahaman itu antara lain, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Kementerian Perhubungan, Kementerian PPN/Bapennas, Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Ada beberapa inti dalam Nota Kesepahaman tersebut, yakni kesepakatan dalam berbagi data dan informasi kelautan yang dihasilkan antar Kementerian/Lembaga, menjelaskan tugas masing-masing pihak dalam kesepahaman ini, hal-hal lain yang mengatur kerjasama dalam nota kesepahaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here