7 Agenda Prioritas Nasional Tahun 2021

0
15588
Menteri Menteri Perencanaan Pembanguan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FOTO: BAPPENAS

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan Asumsi Dasar RAPBN Tahun 2021 adalah pengalokasian agenda Prioritas Nasional tahun 2021 mendatang yang dialokasikan untuk penanganan kesehatan hingga intensif usaha.

Alokasi pada Prioritas Nasional mencakup belanja Kementerian/Lembanga (K/L) dan KBPU-AP. Penguatan integrasi antar instansi dan sumber pendanaan (KL,DAK,BUMN,Swasta) akan terus dilakukan sampai dengan penetapan APBN.

Terdapat tujuh agenda Prioritas Nasional tahun 2021 mendatang, yakni memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemeratahan, meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar, membangun lingkungan hidup meningkatkan ketahanana bencana, dan perubahan iklim, serta memperkuat stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

“Ketujuh prioritas nasional tersebut akan mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi sosial yang tetap terintegrasi sesuai tema RKP 2021,” jelas Suharso saat menghadiri Rapat Kerja dan Rapat Dengar Komisi XI DPR RI pada hari Rabu, 2 September 2020, melalui video konferensi

Sejauh ini alokasi anggaran untuk agenda prioritas nasional tahun 2021 sebesar Rp567,85 triliun.

“Alokasi pada prioritas nasional mencakup belanja kementerian/lembaga dan KPBU-AP, sedangkan penguatan integrasi antar instansi dan sumber pendanaan (KL, DAK, BUMN, swasta) akan terus dilakukan sampai dengan penetapan APBN,” katanya.

Pemulihan ekonomi nasional dititik beratkan pada industri yang mampu mempercepat pemulihan ekonomi nasional, yakni di sektor industri pengolahan, industri pariwisata, dan memperkuat investasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here