75% Populasi Indonesia Tertib Pakai Masker, Satgas Covid-19: Sebaran Covid Turun Drastis

0
502
Gerakan Pakai Masker. FOTO: KEMENKO PEREKONOMIAN

(Vibizmedia-Nasional) Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengungkapkan jika lebih dari 75 persen penduduk Indonesia patuh menggunakan masker, maka dirinya meyakini penyebaran virus Covid-19 dapat turun secara drastis.

“Agar kita melindungi, jangan sampai droplet yang keluar dari diri kita sendiri atau dari orang lain mengenai pihak lainnya. Jika lebih dari 75% penduduk patuh menggunakan masker, maka Covid-19 dapat turun secara drastis,” terang Wiku dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Selasa, 8 September 2020.

Wiku menambahkan hasil penelitian lainnya di Amerika, penggunaan masker kain oleh 80% populasi akan mengurangi 34 – 58% penambahan kasus kematian (Eikenberry et al, 2020). Hasil penelitian itu menyatakan bahwa permodelan penggunaan masker oleh minimal populasi tersebut sudah terbukti menekan peningkatan kasus baru dan kematian.

Karenanya itu menjadi target Satgas Covid-19, paling tidak penggunaan masker berkisar 70 – 75% dari populasi di Indonesia secara tertib dan akan menekan kasus Covid-19 di Indonesia.

“Mari kita buktikan ini menjadi target kita bersama, karena kita ingin melindungi diri dan kita ingin melindungi negeri,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here