Bappenas Targetkan Tahun 2045, Indonesia Masuk Pusat Ekonomi Kreatif dan Digital Dunia

0
104
Menteri Menteri Perencanaan Pembanguan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FOTO: BAPPENAS

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menyampaikan sesuai dengan visi Presiden, diharapkan di tahun 2045 mendatang Indonesia menjadi Negara Maju dan masuk ke dalam 5 Negara Terbesar PDB Dunia. Visi Indonesia 2045 menekankan bahwa Indonesia tidak boleh lagi terbawa struktur ekonomi kolonial agar dapat mencapai Indonesia Emas 2045.

Pertumbuhan PDB perkapita di tahun 2045 ditargetkan mencapai 23.199 USD. Pada 2036 nanti, Indonesia bisa menjadi negara berpendapatan tinggi, dan di tahun 2045 Indonesia menjadi PDB terbesar ke-5 dunia. Dengan pertumbuhan ekonomi tinggi dan inklusif, diharapkan Indonesia dapat meningkatkan jumlah penduduk kelas pendapatan menengah hingga 70 persen di tahun 2045.

“Untuk struktur ekonomi bernilai tambah tinggi, Indonesia dimaksimalkan menjadi Negara pengekspor nomor 10 dunia dengan pangsa pasar sekitar 2 persen. Selain itu, Indonesia juga akan menjadi salah satu pusat ekonomi kreatif dan digital di Asia dan Dunia,” ungkap Suharso dalam keterangannya, Senin, 14 September 2020.

Dari Segi SDM dan Produktivitas tenaga kerja, Indonesia tengah menerapkan pendidikan wajib selama 12 tahun, dengan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) sebesar 78%. Ketenagakerjaan dapat bersifat adaptif dan fleksibel terhadap perubahan teknologi dan struktur ekonomi.

Berdasarkan data dari Kementerian PPN/Bappenas, sejumlah rencana sudah disiapkan untuk mendukung Indonesia 2045 menjadi Negara yang memiliki ekonomi kuat. Sejumlah sektor-sektor seperti sektor ketahanan pangan, air, energi, lingkungan, sektor pembangunan, serta sektor ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan sudah memiliki alur program yang bisa mendukung tercapainya program Indonesia 2045.

Di tahun 2045 nanti diharapkan kesejahteraan petani meningkat 3,9 kali lipat dari tahun 2015. Sebanyak 108 Daerah Aliran Sungai prioritas akan dipulihkan guna mendukung ketersediaan air. Infrastruktur di Indonesia juga diharapkan mengalami penurunan biaya logistik di tahun 2045 turun menjadi 8% PDB dan infrastruktur meningkat menjadi 70%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here