Menko Airlangga: 30 Juta Vaksin Sudah Bisa Diberikan pada Kuartal IV-2020

0
214
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Indonesia sudah berhasil mengakses sekitar 250-300 juta vaksin Covid-19 yang bisa disebar nantinya. Menurutnya, sekitar 30 juta vaksin tersebut sudah bisa diberikan pada kuartal IV-2020.

“Akses vaksin diperoleh 250 juta sampai 300 juta. Sekarang 30 juta (vaksin) sudah dikomitmen untuk bisa diberikan di kuartal-IV,” jelas Airlangga dalam keterangannya, Selasa, 15 September 2020.

Airlangga menjelaskan berbagai produk vaksin yang sudah dikerjasamakan ini juga sebagai upaya pemerintah menghentikan laju penyebaran Covid-19 serta dampaknya terhadap perekonomian nasional.

Dampak pandemi Covid-19 telah menahan laju pertumbuhan ekonomi nasional khususnya di beberapa daerah yang selama ini berkontribusi besar. Seperti Bali minus 10%, DKI Jakarta minus 8,22%, Jawa Timur minus 5,9%, Jawa Barat minus 5,8%, dan Jawa Tengah minus 5,94%.

“Apa yang dilakukan pemerintah untuk stop pandemi, salah satunya diperoleh akses vaksin. Pemerintah sudah uji klinik vaksin yang sedang berlangsung. Tidak hanya di Indonesia tapi China, Brasil, Bangladesh. Diharapkan selesai Desember,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here