Wapres K.H. Ma’ruf Amin: SDM Unggul Kunci untuk Memenangkan Persaingan Global

0
383
Wapres K.H. Ma'ruf Amin saat menghadiri acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNINUS Bandung yang digelar secara online, Selasa (15/9/2020). (Foto : KIP SETWAPRES)

(Vibizmedia – Jakarta) Berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS-BPS) Februari 2020, dari 137,91 Juta penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja hanya sekitar 14,2 juta atau hanya 10,3% yang berkesempatan menikmati pendidikan tinggi. Hampir 90% sisanya, sama sekali tidak menikmati pendidikan tinggi seperti anda sekalian. Hal ini disampaikan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat menghadiri acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNINUS Bandung yang digelar secara online, Selasa (15/9/2020).

Oleh karena itu, dalam waktu kurang lebih empat tahun dari hari ini, Wapres mengharapkan anda semua sudah diwisuda menjadi sarjana dan mampu menjadi kader Ahlusunnah Waljamaah yang merupakan insan akademik Islami anNahdiyah, milenial, dan berjiwa wirausaha yang berakhlak mulia.

Lanjutnya, tema yang diusung pada pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru UNINUS ini, yaitu “UNINUS Unggul dan Mandiri, Pencetak Generasi Milenial yang Islami, Berakhlak Mulia dan Berjiwa Entrepreneur”, hal ini sangat relevan dengan dengan salah satu prioritas nasional kita, ujar Wapres.

Saat ini, pemerintah menempatkan pembangunan SDM unggul sebagai prioritas nasional. SDM unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global. Di berbagai kesempatan Wapres selalu menyampaikan bahwa SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, produktif dalam menghasilkan sesuatu yang manfaat dan maslahat, memiliki semangat untuk berkompetisi, cinta tanah air, dan berakhlak mulia, ber-akhlakul karimah.

Kriteria SDM unggul yang sampaikan diatas erat kaitannya dengan identitas kita sebagai warga Indonesia atau nasionalisme. Wapres mengharapkan mahasiswa semua dapat mewujudkan semangat nasionalisme tersebut sehingga sekalipun kita memiliki keunggulan kompetitif secara global kita selayaknya tetap berpijak pada ideologi dan kearifan lokal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here