Desa Jadi Penyangga Ekonomi di Kala Pandemi, Presiden Pastikan Bansos di Terima Masyarakat Desa

0
201
Presiden Joko Widodo. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Desa menjadi penyangga perekonomian di tengah pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo perintahkan jajarannya untuk memastikan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah diterima oleh masyarakat di desa.

Sebab menurut Presiden, pandemi bukan hanya menghantam perkotaan, tetapi juga pedesaan.

“Pandemi bukan hanya menghantam perkotaan tapi juga pedesaan, ketika terjadi krisis di perkotaan, maka desa menjadi penyangga, jadi buffering karena terjadi perpindahan arus penduduk dari kota ke desa, jadi bukan urbanisasi tapi ruralisasi,” kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Kamis, 24 September 2020.

Oleh sebab itu, Presiden meminta penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa berjalan efektif dan tepat sasaran.

“Pastikan itu diterima oleh masyarakat di desa yang terdampak pandemi dan sangat membutuhkan,” tegas Jokowi.

Presiden juga memastikan agar implementasi program padat karya tunai di desa juga dimonitor secara berkala sehingga harapannya dapat menanggulangi kemiskinan di pedesaan.

Setiap desa, lanjutnya, juga perlu mengembangkan potensinya masing-masing. Misalnya, sektor pertanian hingga pariwisata.

“Berikan ruang partisipasi ruang kreasi bagi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here