Satgas Covid-19 Ingatkan Kepala Daerah Antisipasi Penularan di Lokasi Pengungsian Banjir

0
149
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menghimbau pemerintah daerah agar siap siaga dan meminimalisir risiko penularan Covid-19 selama musim hujan.

“Salah satu lokasi potensial menjadi kluster penyebaran Covid-19 adalah lokasi-lokasi pengungsian apabila terjadi banjir. Dengan banyaknya pengungsi, potensi cukup besar terjadi penularan di lokasi pengungsian dan bisa menimbulkan kluster baru,” jelas Wiku saat konferensi pers secara virtual dari Kantor Presiden, Kamis, 24 September 2020.

“Tindakan kedisiplinan masyarakat di pengungsian dengan mematuhi protokol keseharian selama di pengungsian, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, ini dapat menekan potensi penularan tersebut,” lanjutnya.

Menurutnya, kebersihan lokasi pengungsian juga dapat menjaga pengungsi dari penularan Covid-19 maupun penyakit lain yang timbul selama musim hujan. Mulai dari demam berdarah, tifus, diare, dan penyakit kulit.

“Dan ini dapat menurunkan imunitas dan masyarakat rentan tertular Covid-19. Jika tidak memungkinkan jaga jarak, pemda perlu memastikan ada sirkulasi, sinar matahari yang cukup, dan jaga kebersihan tempat,” kata Wiku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here