Pemerintah Optimalkan Produktivitas Penyandang Disabilitas dengan Teknologi

0
381
Ilustrasi penyandang disabilitas. FOTO : VIBIZMEDIA.COM|MARULI SINAMBELA

(Vibizmedia-Nasional) Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia Kemenko PMK Togap Simangunsong mengatakan bahwa para penyandang disabilitas termasuk salah satu kelompok rentan yang harus terus didorong agar mandiri dan produktif.

“Penyandang disabilitas secara mobilitas mereka sangat kurang, tapi otak mereka normal bahkan bisa lebih produktif dari orang lain pada umumnya karena mereka lebih fokus. Oleh sebab itu, dengan dukungan teknologi diharapkan produktivitas mereka bisa dioptimalkan,” jelas Togap dalam rapat koordinasi Tindak Lanjut Pemberdayaan Kewirausahaan Bagi Penyandang Disabilitas pada Era Digital 4.0 yang gelar secara daring maupun tatap muka di Hotel Ibis Style Tanah Abang, Jakarta, pada Selasa, 13 Oktober 2020.

Togap menjelaskan bahwa salah satu produk teknologi yang dapat dimanfaatkan ialah sosial media (sosmed). Menurutnya, teknologi berupa sosmed facebook, twitter, youtube, dan juga instagram dapat dimanfaatkan oleh para penyandang disabilitas untuk mengembangkan usaha atapun meningkatkan kualiatas dalam bekerja.

“Melalui sosmed ini, sekalipun mereka tidak mempunyai modal mereka bisa menjadi reseller. Ini konsep besar yang bisa kita gunakan di era 4.0, kita ubah pandangan bahwa kaum disabilitas bukan untuk dikasihani tapi mereka bisa lebih produktif dan mandiri,” terang Togap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here