Atasi Anak Putus Sekolah, Ganjar Pranowo Luncurkan Sekolah Virtual di Jawa Tengah

0
100
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan rintisan kelas virtual dari ruang kerjanya, pada Selasa, 13 Oktober 2020. FOTO: PEMPROV JATENG

(Vibizmedia-Nasional) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan sekolah virtual gratis bagi anak putus sekolah. Sekolah tersebut disediakan bagi anak tidak mampu secara finansial dan terdampak pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah.

Sampai dengan saat ini, berdasarkan data Pemprov Jateng ada sebanyak 45 ribu siswa yang mengalami putus sekolah. Menurut Ganjar, ide tersebut berawal dari penerapan kelas virtual lulusan jenjang SMP yang tidak bisa meneruskan sekolah karena biaya. Bahkan, ada beberapa di antara mereka yang bekerja sebagai buruh.

Saat ini, ada dua sekolah yang menjadi pionir, yakni SMAN 1 Kemusu Boyolali dan SMAN 3 Brebes, masing-masing, ada satu rombongan belajar atau 36 siswa belajar. Kedua sekolah itu dipilih mengingat memiliki akses yang jauh dan tingkat perekonomian masyarakat yang rendah.

“Konsepnya, agar anak dapat kesempatan belajar. Bahkan tadi ada yang boro (pekerja di luar kota) tetapi mereka tetap ingin sekolah, sehingga kita bikin kelas virtual. Agar aksesibilitasnya lebih nyaman, kita dampingi dan bantu,” ungkap Ganjar dalam keterangannya, pada Selasa, 13 Oktober 2020.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga meminta peserta didik virtual tekun belajar, meski terhimpit ekonomi. Untuk proses pembelajaran, mereka didampingi dari sekolah terdekat dari area tinggal. Jika membuahkan hasil yang bagus, ke depan Pemprov Jateng akan melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi dan perluasan jangkauan kelas virtual.

Perlu diketahui, para siswa kelas virtual juga mendapat hak yang sama dengan peserta didik reguler. Mulai dari modul, video pembelajaran, hingga ijazah. Siswa juga terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik), memperoleh bantuan handphone dan memperoleh bantuan paket data. Sementara, standar kelulusan diukur dengan kualitas karakter siswa dan portfolio karya kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here