Ganjar Pranowo Luncurkan Sekolah Virtual untuk Aksesibilitas Anak Kurang Mampu

0
122

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan sekolah virtual gratis bagi anak putus sekolah. Sekolah tersebut disediakan bagi anak tidak mampu secara finansial dan terdampak pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah.

Sampai dengan saat ini, berdasarkan data Pemprov Jateng ada sebanyak 45 ribu siswa yang mengalami putus sekolah. Menurut Ganjar, ide tersebut berawal dari penerapan kelas virtual lulusan jenjang SMP yang tidak bisa meneruskan sekolah karena biaya. Bahkan, ada beberapa di antara mereka yang bekerja sebagai buruh. Saat ini, ada dua sekolah yang menjadi pionir, yakni SMAN 1 Kemusu Boyolali dan SMAN 3 Brebes, masing-masing, ada satu rombongan belajar atau 36 siswa belajar. Kedua sekolah itu dipilih mengingat memiliki akses yang jauh dan tingkat perekonomian masyarakat yang rendah.

“Konsepnya, agar anak dapat kesempatan belajar. Bahkan tadi ada yang boro (pekerja di luar kota) tetapi mereka tetap ingin sekolah, sehingga kita bikin kelas virtual. Agar aksesibilitasnya lebih nyaman, kita dampingi dan bantu,” ungkap Ganjar dalam keterangannya, pada Selasa, 13 Oktober 2020.

MS/VM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here