Mengenal Tanaman Hias Yang Jadi Trend Saat Pandemi

1
462
Tanaman Monstera Variegata atau janda bolong yang sedang viral saat ini (Dokumentasi pribadi)

(Vibizmedia – Gaya Hidup)  Pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung  membuat banyak orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Sebagian besar sekolah, kampus dan kantor menerapkan belajar atau bekerja dari rumah.  Selain dianjurkan untuk tetap di rumah juga diminta untuk sedapat mungkin tidak banyak keluar rumah. Kehidupan banyak orang pun berubah dan berusaha mengisi waktu di rumah dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat.

Salah satu aktivitas yang mulai menjadi trend dan hobby baru saat ini adalah berkebun. Banyak orang yang sebelumnya tidak terlalu perduli dengan tanaman dan membiarkan halaman rumah tidak terurus maka sekarang berusaha untuk mengisi dengan berbagai tanaman hias yang segar. Berkebun adalah  kegiatan yang tidak saja mendatangkan kepuasan  tersendiri tapi tentu bermanfaat untuk memperindah rumah, juga membuat suasana rumah semakin nyaman dan menyenangkan.

Banyaknya minat untuk berkebun membuat beberapa tanaman hias pun laris dan menjadi viral saat pandemi ini. Bahkan ada tanaman yang tadinya tidak terkenal sekarang jadi favorit. Selain memperindah tampilan rumah, tanaman hias juga dapat memberikan relaksasi dari stress dan sebaliknya mendatangkan kegembiraan jika melihat keindahannya.

Apa saja tanaman hias yang ngetrend dan viral saat ini? Yuk kita simak.

1. Aglaonema

Aglonema yang dibandrol dengan harga 400- 500 ribu (Dokumentasi pribadi)

Salah satu jenis tanaman hias yang menjadi favorit adalah aglaonema. Aglaonema adalah salah satu spesies tanaman hias yang akrab disebut “Sri Rejeki” atau Chinese Evergreen. Tanaman ini sangat baik tumbuh daerah tropis. Kepopuleran tanaman ini sedang naik karena perawatannya yang cukup mudah dan tampilannya yang cantik.

Tanaman dengan nama latin aglaonema commutatum ini juga disinyalir bisa membawa energi positif di rumah. Sesuai dengan namanya “rejeki” diharapkan ketika memiliki tanaman ini akan membawa banyak keberuntungan di rumah. Selain itu, tanaman aglaonema ini cukup efektif menghilangkan polutan rumah tangga seperti formaldehida dan benzena yang ada di udara.

2. Bunga Mawar

Mawar selalu cantik dan mempesona (Dokumentasi pribadi)

Bunga mawar merupakan salah satu bunga favorit sebagai tanaman hias yang menghiasi taman. Bunga mawar ini juga melambangkan cinta, persahabatan atau rasa syukur, sehingga peminat bunga mawar bucket segar juga menjadi pilihan para pembeli untuk wisuda, pernikahan, ataupun pembeli yang ingin membeli sepucuk bunga mawar untuk kekasihnya. Sehingga bisnis bunga mawar menjadi bisnis tanaman hias yang menguntungkan bagi para pencinta tanaman hias. Bagaimana tidak, dalam usaha tanaman hias bunga mawar setidaknya ada tiga model usaha. Diantaranya penjualan bibit bunga mawar, penjualan bunga mawar dalam pot, dan yang paling banyak dicari yaitu bisnis bunga potong bunga mawar.

3. Adenium

Adenium dengan keindahannya (Dokumentasi pribadi)

Adenium sering dikenal dengan kamboja Jepang atau kamboja bonsai. Adenium menjadi salah satu tanaman hias yang diminati karena mudah perawatannya tidak perlu sering disiram, selain itu mudah berbunga terutama di musim panas. Adenium juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Bunganya berwarna-warni, ada yang helainya satuan namun ada juga yang bertumpuk. Biasanya orang membuat bonsai karena akarnya yang unik. Dengan cara okulasi akan diperoleh bonsai dengan akar unik dan bunga yang berwarna-warni.

4. Monstera

Monstera Variegata atau yang akrab disebut janda bolong (Dokumentasi pribadi)

Akhir-akhir ini tanaman Monstera banyak diminati karena daunnya yang unik. Dari genus Monstera, ada beberapa spesies yang banyak diminati antara lain, Monstera Variegata atau yang akrab disebut janda bolong. Sesuai dengan namanya, tanaman satu ini memiliki keunikan lubang-lubang di tengah daunnya.

Tanaman hias yang termasuk ke dalam Familia Aracae ini memiliki harga jual hingga ratusan juta rupiah loh. Tanaman Monstera yang berukuran kecil dapat dihargai sekitar Rp.6 juta. Jika ukurannya sudah cukup besar, tanaman Monstera akan dihargai per helai daunnya.

5. Sirih gading

 

Sirih gading yang mudah ditanam dan indah dipandang (Dokumentasi Pribadi)

Tanaman sirih gading atau yang dikenal dengan nama lolo munding/tali (Sunda), jalu mampang, sulang (Jawa) dan samblung (Bali) merupakan tanaman rambat yang memiliki akar gantung yang bisa melilit batang pohon. Bentuk daun seperti sirih pada umumnya, berbentuk jantung hati.

Perbedaannya dengan sirih adalah warna daun yang terbilang cukup unik dengan campuran warna kuning seperti marmer. Sirih gading disebut juga sebagai tanaman tahan banting karena cocok ditanam di media tanam apapun dan mudah dirawat. Selain itu, tanaman ini bahkan memiliki manfaat yang sangat baik jika dijadikan tanaman dalam rumah.

Bagaimana, tertarik kah Anda untuk berkebun dan memiliki tanaman-tanaman ini? Senangkan hati Anda dan keluarga dengan berkebun saat ini.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here