Empat Tahun Keakraban Trump dengan Jokowi

0
568
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Kolom) Tahun 2016 media masa memberitakan bahwa Indonesia terkejut akan pilihan rakyat Amerika dalam pemilihan Presiden Amerika. Donald J Trump terpilih sebagai presiden menggantikan Obama. Saat itu Jokowi tidak menyatakan terkejut namun menghargai pilihan rakyat Amerika dan menyatakan siap bekerjasama. Amerika termasuk investor lima besar di Indonesia, dan tidak ada perubahan dengan hal ini. Hubungan Indonesia terbilang cukup baik dengan Amerika, dan Jokowi langsung mengucapkan selamat kepada Donald J Trump sebagai presiden terpilih pada tahun 2016.

Januari 2017 Presiden Joko Widodo (Jokowi), tidak terlihat kuatir dengan keputusan Donald Trump untuk melarang masuknya imigran asal tujuh negara Islam. Jokowi yakin bahwa ini tidak berdampak bagi Indonesia. Hal ini memang menjadi kenyataan bahwa Indonesia tetap aman untuk datang ke Amerika. April 2017, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence bersama istrinya datang mengunjungi Indonesia. Jokowi membuka babak baru hubungan Indonesia Amerika dengan pertemuan ini dan menilai bahwa kedekatan ini diperlukan untuk kemajuan Indonesia sendiri. Hubungan Indonesia semakin akrab ketika pada tahun 2017, kehadiran Jokowi di pertemuan tingkat tinggi KTT Arab Islam Amerika pada Mei 2017 dan KTT G20, Hamburg, Jerman pada bulan Juni 2017, memperlihatkan kedekatan Jokowi dengan Trump. Di Hamburg Jokowi hadir untuk mendiskusikan tentang kerjasama ekonomi ke dua negara. Dalam pertemuan tersebut tercipta hubungan kerjasama dalam mengatasi terorisme, dan juga rencana ekspor kelapa sawit Indonesia ke Amerika. Keakraban semakin dibangun saat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, berbincang akrab Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Iriana Jokowi) yang mendampingi Presiden Jokowi pada acara Gala Dinner KTT APEC, di Hotel Sheraton, Da Nang, Vietnam, Sabtu (11/11/2017) malam. Pembicaraan tidak lagi bicara masalah kenegaraan namun Trump memberikan selamat karena baru saja mengadakan pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution, di Graha Saba Buana, Surakarta, Jawa Tengah Rabu (08/11/2017).

Tahun 2018 Jokowi menawarkan diri untuk melakukan mediasi dalam pertemuan Trump dengan Kim Jong Un, meskipun hal ini tidak terlaksana, namun Jokowi mendukung Trump untuk melakukan pertemuan ini. Sebaliknya Trump juga menawarkan bantuan kepada Jokowi saat Indonesia mengalami bencana gempa bumi di Palu Sulawesi, dan Indonesia menerima bantuan dari Amerika Serikat bersama ke 18 negara lainnya. Tahun 2019 dalam KTT G-20, di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2018), Jokowi terlihat lebih akrab bukan saja dengan Donald Trump namun juga dengan Ivanka Trump. Jokowi membicarakan bagaimana pemberdayaan perempuan dapat ditingkatkan di negara Indonesia yang menjadi negara yang dekat dengan Amerika.

April 2020, Donald Trump menulis dalam twitter nya, Just spoke to my friend, President Joko Widodo of the Republic of Indonesia. Asking for Ventilators, which we will provide. Great cooperation between us! Sekretariat Kabinet menyampaikan bahwa Trump berbicara melalui telepon dengan Jokowi untuk membicarakan mengenai penanganan pandemi Covid 19 dan keduanya saling menyampaikan turut berdukacita karena mereka yang meninggal di masing-masing negara. Dalam kesempatan ini Trump bahkan menyampaikan dukacita atas berpulangnya ibunda Jokowi.

Keakraban kedua presiden negara besar ini merupakan modal yang baik bagi kedua negara untuk membangun dunia. Persahabatan ini bahkan sempat membuat Indonesia menjadi negara tujuan berpindahnya perusahaan-perusahan Amerika yang meninggalkan Tiongkok. Kondisi ini sekarang masih menjadi tanda tanya untuk kelangsungannya pada tahun 2021, mengingat pilpres Amerika yang masih belum selesai untuk pengumuman resmi siapa pemenangnya. Siapapun pemenangnya, Trump telah menunjukan hubungan yang baik dengan Indonesia dan Jokowi, yang membuat Indonesia dihargai di mata dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here