Kolaborasi ASEAN-Korsel Wujudkan Pemulihan Kawasan dan Ketahanan Kesehatan

0
110

Presiden Joko Widodo menyampaikan optimis terhadap kemitraan ASEAN dan Korea Selatan. Menurutnya, kemitraan tersebut tidaklah surut meski dunia tengah dilanda pandemi beserta dampak yang ditimbulkannya. Selain itu, juga justru dapat berkontribusi bagi upaya menanggulangi pandemi dan pemulihan ekonomi di kawasan.

“Akhir tahun lalu, di Busan, saya menyampaikan optimisme terhadap Kemitraan ASEAN-Korea Selatan. Di tengah situasi pandemi ini saya tetap optimistis. Optimistis bahwa kemitraan strategis ASEAN-Korea Selatan dapat berkontribusi bagi upaya melawan pandemi dan pemulihan ekonomi di kawasan,” kata Presiden saat berpidato pada KTT ke-21 ASEAN-Korea Selatan secara virtual, pada Kamis, 12 November 2020.

Untuk mewujudkannya, ada dua hal yakni kolaborasi antara ASEAN dan Korea Selatan dalam pemulihan kawasan serta penguatan kerja sama dalam hal ketahanan kesehatan.

Kolaborasi bagi pemulihan ekonomi kawasan diperlukan untuk menumbuhkan harapan baru bagi masyarakat dan dunia usaha yang nantinya dapat membantu daya ungkit ekonomi kawasan.

MS/VM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here