Sansevieria, Tanaman Hias Kaya Manfaat

0
488

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Bagi Anda yang baru mulai menekuni hobby bercocok tanam, Anda bisa memilih jenis tanaman hias yang mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang sulit.

Tumbuh Dengan Air dan Cahaya Matahari yang Sedikit

Salah satu tanaman hias yang  cukup digemari dan tidak sulit merawatnya adalah Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan nama lidah mertua.  Sansevieria  saat ini menjadi populer sebagai tanaman penghias di dalam rumah atau  tanaman indoor, karena dapat tumbuh dalam kondisi air dan cahaya matahari yang sedikit. Untuk penyiramannya dapat dilakukan seminggu 2 kali.

Tanaman yang Unik

Apa yang membuat Sanseviera menarik? Ciri tanaman ini  memiliki daun yang keras, tegak dengan ujung yang meruncing. Daun-daun unik yang runcing dan selalu nampak hijau segar sekalipun diletakkan di dalam rumah.

Sanseviera diperkirakan memiliki lebih dari 70 jenis spesies, di antaranya Sansevieria Cylindrica, Sansevieria Hyacinthoides, Sansevieria Trifasciata, dan Sansevieria Metallica.

Secara umum, Sansevieria dapat diibagi menjadi dua jenis.  Pertama adalah jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm, dan yang kedua adalah jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm. Kelompok jenis panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan karenanya   Sansevieria sering disebut dengan nama tanaman pedang-pedangan.

Keunikan Sansevieria juga terletak pada warna daunnya yang beragam, mulai dari warna hijau tua, hijau muda, kombinasi hijau dengan garis tengah berwarna kuning dan  ada juga yang berwarna hijau keabu-abuan.  Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.

Tanaman Penyerap Polusi

Keistimewaan tanaman ini memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan dan memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:

1. Membersihkan udara. Tanaman ini dapat menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene dan formaldehyde

2. Mampu menghasilkan oksigen tinggi. Kandungan klorofilnya yang melimpah akan membantu mempercepat proses fotosintesis

3. Getahnya berfungsi untuk melebatkan rambut dan sebagai obat antiseptic dengan cara mengusapkan gel di kepala selama beberapa menit sebelum dibilas dengan shampo

4. Dapat mereduksi gelombang elektromagnetik, sehingga baik jika ditaruh di samping komputer atau televisi

Melihat cara perawatannya yang cukup mudah dan manfaat dari tanaman ini, tidak ada salahnya memilih tanaman ini untuk melengkapi koleksi tanaman hias di rumah Anda. Selamat bertanam…

Penulis: Ria Felisha (Kontributor Vibizmedia)

Editor: Hanny Nugrahani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here