Jelang Penghujung Tahun 2020, Pemerintah Telah Salurkan BLT Dana Desa ke 74.311 Desa

0
161
Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Buleleng, Bali. FOTO: PEMPROV BALI

(Vibizmedia-Nasional) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyampaikan bahwa berdasarkan data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sampai dengan menjelang penghujung tahun 2020, program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sudah tersalurkan ke 74.311 Desa atau sebesar 99,14%.

Sementara total jumlah desa yang dinilai potensial menyalurkan BLT-DD sebanyak 74.891 Desa atau 99,91%. Oleh karena itu, masih ada 642 Desa yang hingga kini dilaporkan belum menyalurkan BLT-DD.

Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan dan Mobilitas Spasial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Herbert Siagian menyatakan bahwa BLT-DD merupakan salah satu kebijakan prioritas pemanfaatan Dana Desa (DD) pada tahun anggaran 2020.

“Karena itu kita harus betul – betul memanfaatkan waktu satu bulan ke depan ini untuk mempercepat penyaluran BLT-DD, khususnya kepada Desa-Desa yang belum salur,” jelasnya saat memimpin Rakor Eselon II tentang Evaluasi Awal Pelaksanaan Dana Desa, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Penyetaraan Penghasilan Tetap (Siltap), serta Persiapan Pelaksanaan dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2021 di Swissbell Inn Hotel International, Kemayoran, Jakarta, Senin lalu, 30 November 2020

Herbert menilai skema pemerintah untuk BLT-DD saat ini sudah cukup baik. Pasalnya, dengan hal tersebut akan membantu menyangga kehidupan ekonomi masyarakat Desa terutama bagi yang terdampak Covid-19.

Adapun alokasi Dana Desa tahun 2020, ia menyebut berdasarkan PMK 50/2020 jumlahnya mencapai Rp71,19 triliun untuk 74.953 desa. Kendati tercatat masih ada 62 desa yang belum salur Dana Desa.

“Prinsipnya untuk Dana Desa tahun 2020 sudah diberikan kepercayaan kepada Desa untuk mengelola termasuk dalam penyaluran BLT DD-nya. Kita harapkan di tahun depan keterlibatan desa-desa ini akan semakin aktif,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here