Pekerja Migran Indonesia Berikan Sumbangsih Bagi Perekonomian Nasional

0
444
Ilustrasi Pekerja Migran Indonesia. FOTO: KEMENLU

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) memberikan kontribusi tinggi terhadap perekonomian nasional.

“Roda perekonomian bergeliat karena adanya PMI. Antara lain industri penerbangan, layanan pemeriksaan kesehatan, jasa penukaran dan pengiriman uang layanan perbankan, dan telekomunikasi,” kata Ida dalam perayaan Hari Pekerja Migran Internasional secara virtual, Jumat, 18 Desember 2020.

“Oleh karenanya, sudah sangat relevan dan sudah selayaknya Hari Pekerja Migran Internasional kita jadikan sebagai momen untuk
memberikan apresiasi serta terus memberikan usaha pelindungan terhadap PMI kita,” lanjutnya.

Ida menyebut pekerja migran Indonesia merupakan pahlawan yang memberikan sumbangsih terbesar bagi perekonomian nasional. Remitansi sebagai sumber devisa yang dihasilkan oleh pekerja migran RI memiliki nilai yang sangat besar dalam membangun perekonomian.

Menurutnya, pekerja migran merupakan duta bangsa yang memperkenalkan kekayaan Indonesia, yakni budaya dan kuliner ke mancanegara.

“Menurut survei BPS, remitensi merupakan 10 penyumbang devisa terbesar negara, mengalahkan ekspor, elektronik, hasil kayu hutan, karet, maupun sepatu dan sendal,” jelasnya.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, Kementerian Ketenagakerjaan sudah melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia. Diantaranya bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan bantuan masker kepada PMI yang berada di Hong Kong, Taiwan, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan Brunei Darussalam. Kemenaker juga memberikan bantuan bahan pokok kepada PMI yang terdampak Covid-19 di negara-negara penempatan dan pengalokasian program perluasan kesempatan kerja bagi CPMI/PMI dan anggota keluarganya. Bantuan tersebut berupa Program Padat Karya Infrastruktur, Padat Karya Produktif, Inkubasi Bisnis, Teknologi Tepat Guna, dan Tenaga Kerja Mandiri.

“Kementerian Ketenagakerjaan memberikan bantuan kepada migran ABK Perikanan yang terdampak Covid-19 dan membantu pemulangan calon Pekerja Migran Indonesia bekerja sama dengan P3MI,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here