Antar Mengantar Pada Masa Natal dan Tahun Baru

0
110
Ilustrasi pengiriman paket. FOTO: FREEPIK

(Vibizmedia-Kolom) Ketika pandemi membatasi pertemuan dan seluruh dunia berada pada masa serba prihatin maka masyarakat mengekspresikan perayaan dengan cara yang unik. Natal tahun ini lekat dengan solidaritas yang merupakan nilai luhur bangsa Indonesia. Kondisi stay at home yang memberikan banyak waktu bagi keluarga, membuat kesempatan antar mengantar kepada keluarga dan tetangga menjadikan cara mengungkapkan perayaan Natal. Malam Natal dirayakan dengan antar mengantar hadiah sebagai tanda kehadiran pada rumah-rumah mereka.

Banyaknya pesanan akhir tahun melalui e-commerce meningkat, berbagai jenis hadiah diberikan kepada sanak-saudara dengan cara pesan antar. Barang yang dipesanpun beraneka ragam, dari mulai kehidupan sehari-hari, pakaian, makanan, tanaman, dan banyak lagi menjadi hadiah yang ekslusif untuk diberikan kepada kerabat dekat.

Antar mengantar bukanlah hal yang baru dalam masyarakat Indonesia, tidak hanya saat Natal seperti sekarang. Kota-kota di Indonesia tempo dulu sangat unik, bahwa kehidupan bertetangga ditandai dengan kegembiraan hari raya melalui antar mengantar masakan, antar mengantar hadiah dan antar mengantar segala yang unik sebagai simbol persaudaraan. Terkenal dengan budaya ketupat lebaran yang dikirimkan membuat persaudaraan dan persatuan menjadi kental. Tidak mengenal agama, suku, bahasa menjadi erat kembali pada hari raya.

Pandemi saat ini juga menghidupkan kembali budaya antar mengantar ini, bahkan sejumlah pengusaha melihat hal ini menjadi kesempatan untuk tetap survive. Hotel-hotel banyak mengubah perayaan yang tidak diperbolehkan lagi, menjadi layanan pesan antar. Tawaran mereka kebanyakan adalah makanan dengan menu istimewa. Pesan antar ini bisa dinikmati di rumah, tinggal kemana dituju sekarang sudah disiapkan. Pesanan bisa dihitung per pax atau juga paket untuk beberapa orang. Hidangan istimewa kebanyakan menawarkan makanan dasar dari ikan, unggas, hingga daging.

Bukan hanya hotel sekarang ini, jasa boga penerbangan Aerofood, Aero ACS juga menyediakan paket pesan antar untuk bisa dinikmati oleh masyarakat. Cermatnya para pengusaha untuk memanfaatkan kondisi ini memang patut diacungi jempol. Kondisi banyak menyelamatkan perusahaan untuk tetap bertahan memasuki tahun baru 2021. Salah satu restoran ternama El Sador di Kemang juga membuat paket-paket pesan antar yang dikemas dalam antaran lengkap ala Amerika Selatan.

Pandemi tidak selalu menjadi kondisi dimana kehidupan menjadi hopeless, antar mengantar membangkitkan solidaritas kembali di tengah masyarakat. Bisnis juga mendapatkan inovasi agar tetap hidup dan menghasilkan. Penting juga aktifitas ini tetap membuat konsumsi tetap berjalan, dan kehidupan ekonomi masyarakat berjalan. Bukan saja usaha kecil, namun bisnis yang ramai pada Natal dan tahun baru juga menjadi hidup kembali. Belum lagi nilai yang membangkitkan semangat para tetangga, saudara dan handai tolan yang menerima hadiah. Indonesia memiliki kekuatan yang intangible untuk menghadapi pandemi. Nilai solidaritas dibangkitkan kembali melalui perhatian pesan hantar menghantar ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here