Buah Matoa Khas Papua, Sedap dan Sehat

0
201
Buah Matoa, buah khas Papua (Foto: Kontributor Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Tentu kita patut bangga bahwa negeri Indonesia  terkenal dengan berbagai buah tropis khas Indonesia yang segar dan manis. Sepanjang tahun akan dipenuhi dengan deretan musim buah yang berganti dan hampir tidak pernah berhenti. Kita bisa menikmati berbagai buah kegemaran kita seperti mangga, salak, rambutan, manggis, duku, jambu air, belimbing, semangka, melon, pepaya, apel, jeruk, dan masih banyak lagi.

Setiap daerah memiliki buah yang menjadi kekhasannya. Seperti kota Malang yang terkenal dengen apelnya, atau Probolinggo yang terkenal dengan buah mangga, atau Banyuwangi yang terkenal dengan buah Naga nya. Ternyata pulau Papua memiliki buah khas yang unik dan sedap sekali bernama buah Matoa.

Buah Matoa  adalah buah khas pulau Papua yang sangat digemari masyarakat Papua karena rasanya sangat manis.  Dahulu tidak mudah untuk mendapatkan buah Matoa.  Pohon Matoa tumbuh liar di hutan sehingga orang harus berjalan berkilo-kilo meter masuk ke dalam hutan untuk bisa mendapatkannya.

Berbagai jenis buah Matoa (Foto: Kontributor Vibizmedia)

Buah Matoa sudah menjadi buah favorit khas Papua dan  saat ini pohon buah Matoa sudah dibudi-dayakan. Bahkan, bibitnya sudah dijual secara online. Jangan heran jika buah Matoa sudah bisa diperoleh juga di Jakarta.

Buah Matoa yang belum dikupas (Foto: Kontributor Vibizmedia)

Seperti apa sih buah Matoa ini? Bentuk buahnya agak lonjong. Kulit buahnya licin dan sedikit keras, sehingga untuk membukanya kita harus menekan kulit buah Matoa dengan menggunakan ibu jari. Daging buahnya tebal mirip seperti buah leci, berwarna putih dan rasa buahnya sangat manis, perpaduan antara buah kelengkeng, leci dan rambutan. Amboi sedapnya.

Buah Matoa yang menggugah selera (Foto: Kontributor Vibizmedia)

Berbagai Jenis Buah Matoa

Nama latin buah Matoa adalah Pometia Pinnata.  Uniknya buah Matoa ada beragam jenisnya.  Berdasarkan warna kulit buahnya, maka ada Matoa merah, kuning dan hijau.  Tapi berdasarkan tekstur daging buah,  maka ada dua jenis buah Matoa yang cukup dikenal yaitu Matoa Papeda  yang  memiliki tekstur daging buah lebih lembek dan tidak tebal, dan Matoa Kelapa yang memiliki  tekstur daging buah lebih padat, kenyal dan tebal.

 

Berbagai Manfaat Buah Matoa

Selain rasanya yang sangat manis, ternyata buah Matoa kaya manfaat:   

– Bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengandung antioksidan tinggi.

– Buah Matoa kaya vitamin E sehinggga  bermanfaat mencegah penuaan dini, menyamarkan garis keriput, memelihara kesehatan kulit, membantu menjaga kebersihan wajah dari munculnya jerawat dan paparan sinar matahari.

– Bermanfaat  menangkal radikal bebas.

– Bermanfaat menurunkan dan mencegah darah tinggi, juga melancarkan peredaran darah

– Bermanfaat  menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan kandung kemih.

Tidak menyangka begitu banyak manfaatnya bukan? Inilah buah Matoa khas Papua yang memperkaya keaneka ragaman buah khas Indonesia. Tidak ada salahnya untuk  mencicipi dan merasakan manfaatnya.

Penulis: Dina Boenanto/Kontributor Vibizmedia

Editor: Hanny Nugrahani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here