Kampung Luba, Suguhkan Suasana Pedesaan yang Eksotis

0
640
(Photo: Ida Nenogasu/Kontributor VM)

(Vibizmedia – Lensa Vibizmedia) Nusa Tenggara Timur memiliki banyak tempat indah untuk kita kunjungi. Salah satunya anda bisa berkunjung Bajawa, kota yang tersohor sebagai produsen kopi utama Flores. Jika ke Bajawa tentunya belum lengkap tanpa mengunjungi desa-desa tradisional yang ada di sana, yang masih hidup dengan sangat sederhana di zaman modern ini.

Kali ini kita akan berkunjung ke kampung Luba yang terletak di Desa Tiworiwu, Kecamatan Jerebuu atau berjarak sekitar 19 kilometer dari arah selatan kota Bajawa ibukota Kabupaten Ngada.

(Photo: Ida Nenogasu/Kontributor VM)
(Photo: Ida Nenogasu/Kontributor VM)

Perjalanan menuju Kampung Luba tidak akan membosankan, karena kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam Gunung Inerie dengan suasana pedesaan yang eksotis. Kampung Luba terdiri dari 17 rumah kayu beratapkan ilalang yang membentuk formasi segi empat yang mengelilingi tanah lapang berundak. Kampung Luba berada tepat di kaki Bukit Inerie.

(Photo: Ida Nenogasu/Kontributor VM)
(Photo: Ida Nenogasu/Kontributor VM)

Ada 17 rumah kayu beratapkan ilalang yang membentuk formasi segi empat mengelilingi tanah lapang berundak. Kampung ini dihuni oleh para tetua dan anak-anak. Rumah-rumah panggung beratap rumbia dengan mahkota yang berbeda-beda menjadi daya tarik. Di sinilah tenun dan penenunnya dijumpai.

(Photo: Ida Nenogasu/Kontributor VM)

Bagi para wisatawan bisa juga menginap di salah satu rumah adat itu, tersedia kasur berikut kelambu, dan sudah termasuk makan malam dan sarapan untuk keesokan harinya. Ada banyak aktifitas juga lho bisa kamu lakukan di sini, misalnya melihat proses pemintalan benang dan juga pembuatan kain tenun berikut gantungan kunci atau gelang dengan benang pewarnaan alami (semuanya bisa jadi oleh-oleh yang keren), ikut memasak dengan tungku batu dan kayu api, belajar memainkan alat musik bambu yang disebut Bombardom, ataupun duduk-duduk menikmati pemandangan dengan segelas kopi dan pisang rebus! Seru banget kan…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here