Kemensos Bekali Warga Terlantar di DKI Jakarta dengan Keterampilan Vokasional dan Wirausaha

0
174
Kementerian Sosial memberikan pelatihan berwirausaha bagi warga terlantar di Provinsi DKI Jakarta. FOTO: KEMENSOS

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Sosial RI Tri Rismaharini terus mengawal penjangkauan warga terlantar di beberapa wilayah di Jakarta sejak awal kepemimpinannya.

Sampai dengan saat ini, sebanyak 23 warga terlantar atau disebut dengan Penerima Manfaat (PM) telah berada di Balai Karya “Pangudi Luhur” Bekasi yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial.

Dalam pelaksanaan rehabilitasi sosial dengan memberikan keterampilan wirausaha bagi 23 Orang PM ini, Kemensos menggandeng Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di Provinsi DKI Jakarta. LKS akan membantu memberikan pelatihan kewirausahaan bagi 23 PM ini.

Sementara PM dewasa mendapatkan keterampilan vokasional, Kemensos akan menyekolahkan kembali anak-anak yang putus sekolah karena keterbatasan ekonomi. Anak akan disekolahkan di sekitar Balai Karya “Pangudi Luhur” Bekasi.

Skemanya, PM diberikan rehabilitasi sosial melalui program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). Program ini memiliki 7 layanan langsung yang terdiri dari dukungan pemenuhan hidup layak, perawatan sosial dan/atau pengasuhan anak, dukungan keluarga, terapi (fisik, psikososial, mental dan spiritual), pelatihan vokasional dan pembinaan kewirausahaan, bantuan sosial dan asistensi sosial serta dukungan aksesibilitas.

Kemensos juga membuka akses ke program-program Kementerian/Lembaga lainnya untuk memenuhi hak dasar PM. Mulai dari hak mendapatkan identitas kependudukan, hak kesehatan hingga pendidikan.

“Sejumlah surat sudah ditandatangani oleh Mensos seperti surat ke Ditjen Dukcapil, Kemendagri untuk perekaman data penduduk yang belum tercatat/tidak dalam domisili dimana dia berada, ke Kemenkes untuk mendapatkan benefit dari jaminan kesehatan (BPJS) untuk meperoleh alat bantu disabilitas dan Kemendikbud untuk anak-anak yang belum mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP)” terang Dirjen Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here