Pucuk Merah si Tanaman Penghias Halaman yang Elok

0
280

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Tanaman Pucuk Merah yang elok ini merupakan tanaman hias yang berasal dari genus Syzygium. Tanaman ini dapat dilihat tumbuh dengan subur di tepi jalan, di jalur pembatas jalan, di sejumlah RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) dan menjadi pagar alami didepan ruko dan gedung perkantoran.

Mengapa tanaman hias ini menjadi salah satu tanaman favorit ? Karena, tanaman ini memiliki keunikan tersendiri, daun-daunnya rimbun dan memiliki warna yang eksotis merah menyala di pucuk dahan.Itulah sebabnya, tanaman ini dinamai Pucuk Merah.

Selain warna daunnya yang menarik, ternyata tanaman ini juga mempunyai banyak manfaat, antara lain :
1) Menyerap/ menurunkan kadar karbon dioksida di udara, sehingga memciptakan lingkungan yang sehat dengan udara yang segar saat kadar oksigen pun meningkat.

2) Menyerap air hujan dan menyimpannya sebagai cadangan air pada musim kemarau, karena tanaman ini memiliki akar tunggang yang besar dan kuat.

3) Mencegah longsor di daerah perbukitan.
Jika rumah anda berada di kawasan perbukitan yang rentan akan bencana longsor, maka akar tunggang yang sangat kuat dari tanaman pucuk merah dapat mencegah / mengurangi risiko terjadinya longsor.

Pucuk Merah ditata bersusun melingkar (Foto: Dina B/ Vibizmedia)

Jika berminat menanam tanaman ini, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
• Berhubung tanaman ini dapat tumbuh sampai setinggi 7 meter dengan diameter +/- 30 cm, maka sebaiknya jangan menanamnya didalam pot.
• Jarak tanam antara satu tanaman Pucuk Merah dengan lainnya sekitar 50 cm – 150 cm.
• Tanaman ini harus mendapat banyak sinar matahari agar pucuknya yang berwarna merah menyala dapat tumbuh optimal.
• Jangan lupa mencabut gulma, yaitu tanaman yang tidak diinginkan karena menyaingi tanaman utama, dalam hal ini pucuk daun, dalam menyerap nutrisi dari tanah.

Tanaman ini dapat dipangkas dengan mudah secara berkala setiap 2 – 3 bulan sekali. Pemilik tanaman dapat berkreasi semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik, unik dan eksentrik sesuai keinginan.

Dina B/Journalist/ VM
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here