Rencanakan Anggaran di Tahun Baru

0
1041

(Vibizmedia – Management) Penting untuk mengevaluasi anggaran tahun sebelumnya untuk mencari tahu di mana kesalahan Anda dan aspek apa yang perlu ditingkatkan dari anggaran Anda. Dengan melakukan evaluasi, Anda juga dapat melihat ke mana arah yang positif dalam anggaran Anda dan melakukan hal yang sama lagi di tahun ini.

Tuliskan Anggaran Anda

Banyak orang mengatakan bahwa mereka tidak punya waktu untuk memikirkan bagaimana membuat anggaran dan ketika mereka mencoba membuat anggaran, mereka memikirkan bagaimana mereka akan melakukannya tanpa menuliskannya. Ini tidak akan ada gunanya. Anggaran harus dilakukan dengan bolpen dan kertas atau dengan menggunakan banyak spreadsheet anggaran di excell ataupun yang ada juga tersedia secara online. Setiap item dalam anggaran Anda harus jelas penggunaannya, dan Anda harus dapat mengevaluasinya kembali setiap minggu.

Membuat Estimasi Pendapatan dan Pengeluaran Anda

Membuat estimasi pendapatan Anda adalah langkah pertama untuk membuat anggaran Anda. Hitunglah semua penghasilan Anda termasuk penghasilan pasangan Anda (jika Anda punya). Penghasilan mencakup semua manfaat yang akan Anda terima. Jangan sertakan dulu bonus yang mungkin Anda terima di tempat kerja atau hadiah yang mungkin Anda dapatkan.

Pengeluaran merupakan semua estimasi pengeluaran uang Anda. Ini termasuk sewa, perjalanan, tagihan, makanan, gas dan pembayaran bahan bakar mobil, penitipan anak, internet dan TV serta pinjaman dan kartu kredit yang perlu Anda bayar. Selain itu, tuliskan pengeluaran mingguan, bulanan dan tahunan Anda di kolom terpisah. Setelah Anda menuliskan semua pendapatan dan pengeluaran Anda, hitung keduanya untuk memastikan bahwa pendapatan melebihi pengeluaran Anda.

Akun Untuk Biaya Tak Terduga

Setiap orang memiliki pengeluaran tak terduga yang dapat muncul dari waktu ke waktu. Tidak ada alasan untuk tidak bisa membayar tagihan kredit ketika ada biaya tak terduga muncul. Karena itu, saat membuat anggaran, Anda harus mengestimasi biaya tak terduga ini dan memperhitungkannya. Banyak dari pengeluaran ini sebenarnya tidak terduga.

Menabung

Setiap orang dapat menabung, tidak peduli berapapun penghasilan mereka dan pengeluaran mereka. Menabung dan berhati-hati dengan pengeluaran Anda adalah seni yang dipelajari di masa kecil. Selain itu, menyimpan uang di rekening tabungan juga harus dimasukkan dalam anggaran Anda. Banyak orang memiliki sesuatu yang mereka harap dapat mereka beli tetapi pendapatan mereka tidak memungkinkan. Selain itu, dengan memikirkan sesuatu, hal itu akan menjadi pendorong bagi Anda untuk menyisihkan uang secara teratur. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengambil pinjaman jangka pendek.

Berikut beberapa contoh hal-hal jangka pendek dan jangka panjang yang perlu ditabung:
Jangka pendek:
Liburan
Dana darurat
Telepon baru

Jangka panjang:
Uang muka untuk sebuah mobil
Pensiun
Pendidikan anak

Kurangi Pengeluaran Anda

Setiap orang umumnya memiliki beberapa barang yang dapat mereka lakukan tanpanya, seperti bahan-bahan mahal yang dapat Anda buat sendiri dengan mudah di rumah. Tugas Anda adalah mengidentifikasi hal-hal yang tidak penting ini dan mencoba dan melakukannya tanpa mereka. Selain itu, setiap kali Anda pergi berbelanja, pikirkan 1-2 item yang tanpanya Anda akan kelola. Dengan cara ini, Anda akan belajar cara membuat anggaran dengan cara yang lebih sehat.

Evaluasi Anggaran Anda Secara Teratur

Ini adalah salah satu aspek penting dari penganggaran. Di akhir setiap bulan, duduklah dan lihat seberapa baik Anda melakukannya. Anda mungkin perlu menyesuaikan anggaran Anda sesuai dengan kebutuhan Anda yang terus meningkat dan perubahan pendapatan. Selain itu, ada beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri saat meninjau anggaran Anda, seperti:
Apakah saya berhasil membayar tagihan saya tepat waktu?
Apakah saya memiliki sisa uang di akhir bulan yang dapat saya gunakan untuk menabung?
Bagaimana saya bisa menghemat lebih banyak?

Membuat suatu anggaran membutuhkan waktu dan tenaga. Namun, seperti yang Anda lihat, ada banyak manfaat darinya. Mulailah selalu anggaran Anda untuk tahun ini dengan mengevaluasi tahun sebelumnya dan memperhatikan seberapa baik Anda telah mengelola uang Anda. Jika Anda telah berhasil menyisihkan sejumlah besar uang ke dalam tabungan Anda, tentunya itu sangat menggembirakan. Di sisi lain, hidup dengan anggaran tidak berarti Anda harus merasa kekurangan. Sebaliknya, Anda akan gembira karena dapat mengelola uang Anda dan tahu ke mana perginya uang hasil jerih payah Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here