3 Fokus Utama Pemerintah Pulihkan Ekonomi Tahun 2021

0
38
Ilustrasi perekonomian Indonesia. FOTO: KEMENKEU

(Vibizmedia-Nasional) Konsumsi, investasi dan ekspor menjadi 3 fokus utama pemerintah tahun 2021 dalam upaya Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan Sumber Daya Alam Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Raden Edi Prio Pambudi mengatakan konsumsi dilakukan dengan mendorong kelas menengah atas meningkatkan belanjanya guna mendukung program pemulihan ekonomi. Untuk kelas menengah bawah, upaya mempertahankan daya beli didukung dengan program perlindungan sosial.

Penguatan ekspor pun didukung dengan penguatan regulasi, penguatan pasar, dan industri yang berorientasi ekspor. “Kemudian untuk investasi melalui UU Cipta Kerja baik itu Kemudahan Perizinan dan Daftar Prioritas Investasi, serta Lembaga Pengelola Investasi (LPI),” jelas Edi dalam keterangannya, pada Rabu, 13 Januari 2021.

Perlu diketahui, anggaran program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional tahun 2021 sebesar Rp372,3 triliun diprioritaskan bagi perlindungan sosial dan program sektoral, Pemerintah Daerah, Padat Karya, dan Pengembangan ICT.

“Selain itu, pelaksanaan vaksinasi secara masif juga penting dengan menambah suplai vaksin. Vaksinasi masif diperkirakan dilakukan pada Semester II-2021,” kata Edi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here