Tingkatkan Produktivitas Karyawan Untuk Hasil Yang Maksimal

0
1218

(Vibizmedia – Manajemen) Tidak ada yang lebih penting bagi suatu bisnis selain karyawannya. Jika karyawan Anda senang, produktivitas mereka pasti akan meningkat, dan itulah yang sangat Anda butuhkan untuk membantu bisnis Anda berkembang.

Membuat suatu perubahan kecil dalam kebiasaan yang ada mampu meningkatkan secara drastis tingkat produktivitas dan efisiensi kantor dalam bisnis Anda. Hal ini akan memungkinkan Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan berkualitas dalam waktu yang lebih singkat serta mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk tugas yang tidak perlu dilakukan.

Berikut ini adalah delapan tip utama tentang cara memperoleh hasil yang maksimal dari karyawan Anda dan memastikan bahwa produktivitas mereka dijaga untuk tetap maksimal:

1. Efisien
Pertimbangkan bagaimana bisnis Anda saat ini beroperasi, dan terbuka terhadap potensi mengubah cara Anda bekerja.

Adakah cara yang lebih baik agar anggota staf dapat mengatur pekerjaan mereka untuk memungkinkan mereka mencapai tujuan harian mereka? Sediakan rencana bagi setiap anggota staf dan motivasi mereka untuk membuat daftar guna memastikan dia menyelesaikan pekerjaan yang diprioritaskan tepat waktu dan tetap menjalankan tugas sepanjang hari, sehingga menghasilkan kerja yang efisien.

2. Delegasikan
Pendelegasian pasti mengandung risiko, tetapi peningkatan tanggung jawab penting untuk meningkatkan moral dan kepuasan kerja staf Anda. Berikan tanggung jawab kepada karyawan yang memenuhi syarat, yang memiliki rekam jejak yang terbukti sukses di bidang tertentu, dan kepercayaan bahwa mereka akan melaksanakan tugas dengan baik.

Jika Anda memberi kesempatan kepada karyawan untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman kepemimpinan, hal itu akan menguntungkan perusahaan Anda dan memberi karyawan Anda rasa kepuasan dan motivasi dalam karier mereka sendiri.

3. Kurangi Semua Gangguan
Media sosial bisa menjadi pembunuh produktivitas yang sangat besar, tetapi tidak praktis juga kalau memiliki kebijakan tanpa telepon. Sebaliknya, cobalah untuk membuat karyawan tetap fokus dan terlibat sambil memberi mereka ruang bernapas.
Dorong karyawan untuk menggunakan ponsel pada jam jam tertentu yang perusahaan ijinkan. Ini akan memastikan bahwa waktu yang dihabiskan di meja mereka lebih produktif.

4. Memiliki Alat dan Perlengkapan yang Tepat
Penting untuk menyediakan alat dan perlengkapan yang tepat bagi karyawan agar mereka dapat menjalankan tugasnya secara efisien dan tepat waktu. Tidak ada yang lebih kontraproduktif daripada menghabiskan waktu menunggu dokumen untuk dicetak karena Anda tidak memiliki perangkat pencetakan yang cepat.
Program dan peralatan modern berkualitas tinggi membuat perbedaan besar tidak hanya bagi tenaga kerja tetapi juga dalam menghemat waktu dan tenaga. Misalnya dalam penggunaan peralatan seperti printer, scanner, mesin fotokopi dan mesin fax.

5. Memperbaiki kondisi tempat kerja
Lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin mengganggu konsentrasi, karena karyawan akan menghabiskan lebih banyak waktu berjalan-jalan untuk mengambil kipas angin misalnya. Pastikan AC berfungsi dengan baik khususnya pada saat musim panas tiba.

6. Tawarkan Dukungan dan Tetapkan Tujuan yang Realistis
Masalah umum bagi para manajer adalah tidak adanya pemahaman yang jelas dan kuat tentang apakah karyawan mereka berkinerja tinggi atau tidak. Bantu mereka dengan menawarkan tujuan yang bisa dicapai. Memberikan arahan yang jelas kepada supervisor dan karyawan untuk membantu menjelaskan ekspektasi. Ini akan membantu meningkatkan produktivitas mereka, karena mereka akan memiliki fokus yang jelas dan tujuan yang jelas.

7. Berikan Dorongan Positif
Mendorong, memotivasi, dan memberi penghargaan. Beri tahu karyawan bahwa mereka melakukan pekerjaan dengan baik dan berikan kritik yang membangun. Yang terpenting juga adalah tawarkan insentif pribadi kalau mereka melakukan pekerjaan dengan baik – misalnya mereka mendapatkan liburan gratis atau kopi gratis untuk dibawa pulang karena sudah melakukan tugasnya.
Anda harus dengan jelas menunjukkan keberhasilan satu karyawan kepada staf lain untuk menumbuhkan rasa kepuasan guna memotivasi orang lain. Saat Anda memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras dan menerima penghargaan sebagai imbalannya, mereka cenderung menempatkan peningkatan produktivitas di bagian atas daftar tugas mereka.

8. Pastikan Karyawan Senang
Tempat kerja yang penuh tekanan tidak akan membuahkan hasil. Pekerja yang terus-menerus beroperasi dalam kondisi yang sangat stres ternyata kurang produktif dan memiliki tingkat ketidakhadiran yang lebih tinggi. Itu sebabnya mereka harus bahagia! Menunjukkan kepada karyawan betapa perusahaan menghargai, menghormati, dan menghargai mereka secara pribadi adalah hal yang memuaskan – dan hal itu sering kali terabaikan.

Jika Anda ingin staf Anda bekerja dengan kemampuan terbaik mereka, cobalah beberapa tip berikut dan nikmati manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here