Beri Tanaman Kesayangan Anda Air Ini!

0
553
Air cucian beras untuk tanaman anggrek (Foto: Belinda K/ Vibizmedia)

(Vibizmedia – Lifestyle) Di masa pandemi yang masih berlangsung seperti ini, merawat tanaman menjadi tren yang marak di masyarakat kita. Tidak jarang orang menyisihkan dananya untuk membeli tanaman hias, bunga maupun buah-buahan untuk menghiasi halaman rumahnya.

Tetapi merawat keindahannya tentu perlu ketekunan dan juga perhatian kita karena seperti manusia, tanaman juga adalah mahluk hidup ciptaan Tuhan yang perlu gizi dan makanan agar tumbuh subur.

Ada cara tradisional yang cukup ampuh resep nenek moyang kita yaitu air cucian beras. Apa manfaat air cucian beras ini? Sebagai pupuk organik bagi tanaman kita, khususnya tanaman hias seperti bunga anggrek, mawar, atau sejenis daun-daunan seperti aglonema, adenium bahkan pohon buah-buahan. Air cucian beras akan membuat tanaman kita sehat dan segar.

Kandungan air cucian beras

Menurut hasil penelitian ahli gizi air bekas cucian beras ini mengandung banyak gizi dan kandungan vitamin yang dapat membantu pertumbuhan tanaman. Zat gizi mikro yang terkandung di dalamnya adalah vitamin B, zat besi dan seng.  Vitamin B1 ini dapat merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman (daun, tunas, cabang).

Komponen makro yang ikut terlarut yang juga terbawa saat beras dicuci di antaranya terutama karbohidrat (pati), protein, dan sebagian asam lemak bebas. Kemudian air cucian beras dapat membantu pembentukan khlorofil sehingga tanaman bisa lebih hijau. Selain itu yang tak kalah penting, juga bisa digunakan untuk memperkuat tumbuhan dari penyakit sehingga tumbuhan tidak cepat layu dan mati.

Nah, tunggu apa lagi mulai sekarang jika anda mencuci beras jangan dibuang begitu saja. Siramkan air cucian beras untuk merawat tanaman anda agar menjadi subur, daunnya rimbun dan sehat.

Selamat mencoba. Maka anda akan melihat hasilnya yang menakjubkan.

Belinda K/Journalist/ VM
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here