Kota Pariaman – Sumatera Barat, The Sunset City of Indonesia

0
243
Energi Listrik
Pariaman Sumatera Barat, The Sunset City of Indonesia (Foto: Kemkominfo)

(Vibizmedia – Nasional) Menghadapi masa pandemi setiap daerah dituntut untuk tetap menghidupkan ekonomi daerah masing-masing. Contohnya adalah Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat, yang berinisiatif menambah citra pariwisata di daerah itu dengan The Sunset City of Indonesia atau Kota Matahari Terbenam Indonesia. Tujuannya untuk memancing wisatawan agar datang berkunjung ke daerah itu.

“Jadi ini untuk melengkapi, The City Of Tabuik (kota Tabuik) tetap,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono di Pariaman, Selasa (27/1/2021).

Selama ini, Kota Pariaman dikenal sebagai Kota Tabuik yang diibaratkan sebagai baju kemeja putih lengan panjang yang merupakan ciri khas kebanyakan penduduk kota tersebut. Setelah itu Pemkot Pariaman beberapa tahun lalu juga melengkapi dengan gerakan ‘Ayo ke Pariaman’.

Dwi Marhen menjelaskan, sekarang Pariaman ingin naik level, sehingga mencari ide supaya semakin  terkenal dan orang mau datang ke Pariaman bukan karena Tabuiknya saja. Akhirnya, ditemukan kekhasan Kota Pariaman yang menarik untuk dipromosikan yaitu Kota Matahari Terbenam.

“Karena Pariaman berada di Sumatera Barat, posisi Indonesia paling Barat, maka kami sepakati mengangkat ‘Pariaman The Sunset City of Indonesia’ memang ada spot-spot foto yang luar biasa,”ujarnya.

Guna mendukung ikon kota matahari terbanam, lanjutnya, Pemkot Pariaman menggelar pertunjukkan kesenian gratis untuk wisatawan yang dilaksanakan di objek wisata di daerah itu setiap Sabtu sore selama 2021.

Posisi Pantai Kota Pariaman yang menghadap ke Barat, sangat menguntungkan karena wisatawan dapat menyaksikan matahari terbenam dengan berfoto karena lokasi kaya dengan spot-spot instagramable. Pengunjung juga bisa sambil menikmati kuliner yang ada di daerah wisata tersebut.

Direncanakan dalam pengemasannya akan dilengkapi dengan kesenian yang menonjolkan kearifan lokal dengan pakaian penari yang kontras dengan warna matahari terbenam dan dikemas dengan gaya milenial.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Kemkominfo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here