Di Rumah Sakit, Taman pun Ikut Menyembuhkan Pasien

0
1024
Taman Terapi di RSUP Persahabatan Jakarta Timur (Foto: Dina B/ Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Seseorang pergi ke rumah sakit tentunya untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang dideritanya. Nah, selain dokter, obat-obatan dan peralatan kesehatan, faktor kebersihan lingkungan dan kenyamanan di rumah sakit pun sangat membantu pasien untuk segera pulih.

Selain obat yang harus diminum dan tenaga medis yang ramah, ada lagi sarana yang disediakan pihak rumah sakit untuk mempercepat pasien untuk segera pulih atau sembuh.

Taman hijau di Rumah Sakit Dharmais Jakarta Barat (Foto: Dina B/ Vibizmedia)

Apakah itu? Taman dengan tanaman hijau yang asri. Taman-taman dengan rumput yang menghijau ini ditata rapi, beserta tanaman–tanaman lain yang tumbuh subur di halaman rumah sakit atau di depan kamar dimana pasien sedang dirawat.

Hal ini rupanya memegang peranan penting bagi proses kesembuhan pasien. Yuk, kita simak apa saja manfaatnya.

Taman di depan bangsal rawat inap di Rumah Sakit Pelni Jakarta Pusat (Foto: Dina B/ Vibizmedia)

Meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman mengeluarkan beberapa senyawa ke udara, termasuk senyawa phytoncide. Senyawa yang keluar dari  tanaman itu bisa membantu mengurangi stress yang sering dirasakan pasien akibat penyakit yang dideritanya. Dampaknya akan membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Meningkatkan kualitas udara. Tidak bisa dipungkiri bahwa sakit tenggorokan, flu, sesak napas dan masalah–masalah pada saluran pernapasan disebabkan oleh polusi pada udara yang kita hirup setiap hari. Nah, tanaman–tanaman bermanfaat menyaring debu dan senyawa yang dikeluarkan tanaman membantu melawan polusi di udara, sehingga udara menjadi lebih aman dan sehat untuk  bernapas saat pasien berada di rumah sakit.

Taman dengan rumput hijau dan pepohonan rindang di RS Persahabatan, Jakarta Timur (Foto: Dina B/ Vibizmedia)

Menciptakan lingkungan yang lebih santai dan relaks, karena tanaman–tanaman memberikan kesan yang alami, segar dan sehat sehingga membantu meningkatkan suasana hati. Secara psikologi ini dapat mempercepat penyembuhan maupun pemulihan orang yang sakit.

So, bantu jaga kebersihan dan kelestariannya ya…..

Dina B/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here