Gunung Rinjani Lombok yang Mempesona dan Eksotis

0
1100
(Photo: Elok/Kontributor VM)

(Vibizmedia-Lensa Vibizmedia) Keindahan dan panorama gunung Rinjani yang terletak di utara Pulau Lombok ini begitu eksotis dengan banyaknya garis kontur yang ada di gunung tersebut mulai dari hutan lebat, semak belukar, hingga padang savana yang luas. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dan memiliki ketinggian 3.726 mdpl.

(Photo: Elok/Kontributor VM)

Gunung Rinjani juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang memiliki luas lebih dari 75.000 hektar. Sehingga selama proses pendakian akan dipantau langsung melalui pos-pos yang telah disediakan. Wah, ada banyak keindahan yang bisa ditemui lho selama di jalur pendakian Gunung Rinjani. Sambil mendaki kita bisa menikmati keindahan bunga edelweis, keindahan samudra di atas awan, keindahan pasir dan tebing berbisik, dan masih banyak keindahan lain yang tidak akan terlupakan sepanjang perjalanan kita ke puncak gunung.

(Photo: Elok/Kontributor VM)

Gunung Rinjani memiliki kawah yang besar dengan diameter kurang lebih 10 km. Kawah Rinjani ini juga dipenuhi dengan air sehingga membentuk sebuah danau atau segara yang dinamakan “Segara Anak” dengan kedalaman sekitar 230 m. Dengan warna airnya yang membiru bagaikan anak lautan, air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah dan mengalir melewati jurang yang curam. Banyak para pendaki yang memancing di danau ini karena banyak terdapat ikan mas dan mujair.

(Photo: Elok/Kontributor VM)

Berada diantara gunung-gunung dan tebing yang berdiri kokoh, air segara anakan menyimpan pantulan yang mendalam dan menampakkan eksotisme kegagahan Rinjani. Ketika matahari tenggelam maka semburat warna orange akan menghiasi warna tebing dan warna air di segara anakan, sangat amat mempesona.

(Photo: Elok/Kontributor VM)

Pemandangan dari puncak Rinjani ini juga sangat indah, tampak seluruh gugusan wilayah pulau Lombok bahkan sampai dengan puncak gunung Agung yang ada di Bali. Sensasi yang luar biasa ketika tiba di puncak Rinjani dan menikmati semua keindahannya.

(Photo: Elok/Kontributor VM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here