Kecantikan dan Keunikan Tanaman Kaktus

0
127
(Photo: Ria Felissa/VM)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Selain tanaman jenis Sekulen, maka tanaman Kaktus hias menjadi pilihan favorit para pencinta tanaman di masa pandemi ini. Tren tanaman kaktus hias ini menjadi populer bukan tanpa alasan. Kaktus merupakan jenis tanaman hias yang tangguh dalam kondisi apa pun. Kaktus dapat bertahan hidup dalam kondisi gersang karena punya mekanisme penyimpan air di dalamnya. Tumbuhan ikonik khas padang gurun ini terbukti mampu hidup di daerah kering nan ekstrim.

Bentuk tanaman kaktus unik, ada yang berbentuk lurus, seperti silinder, bulat atau tak beraturan, berduri-duri tanpa daun layaknya pohon-pohon lainnya. Kaktus dapat tumbuh mencapai ketinggian 20 meter lebih dan berat lebih dari 2.000 kg. Berat tersebut dipengaruhi volume air yang ada dalam batangnya.

Warna kaktus juga bervariasi lho, bisa seperti hijau, kebiru-biruan ataupun coklat-hijau. Selain itu beberapa jenis kaktus tertentu juga memiliki ciri khas bunga yang tumbuh secara berkala dari balik duri-durinya. Cantik dan unik sekali kan…

(Photo: Ria Felissa/VM)

Namun pada beberapa tanaman Kaktus yang besar ada daun yang tumbuh, kemudian daun ini biasanya akan berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

(Photo: Ria Felissa/VM)

Sinar matahari juga sangat penting bagi kaktus pada saat musim dingin, sebab kaktus memiliki karakteristik tanaman yang hidup di tempat panas dan kering. Namun, cahaya matahari yang berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan daun kaktus hijau menjadi kuning atau kering di beberapa ujungnya. Itu sebabnya pastikan tanaman kaktus Anda tetap memperoleh paparan sinar matahari yang cukup supaya tanaman kaktus Anda selalu dapat bertumbuh dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here