Pertanian Indonesia Tahun 2020 Tumbuh Positif, Demand Buah dan Sayuran Salah Satu Penopangnya

0
320
Ilustrasi sayuran. FOTO: VIBIZMEDIA/ZEFANYA

(Vibizmedia-Nasional) Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produk domestik bruto pertanian tumbuh sebesar 2,59 persen secara year to year (yoy) pada kuartal IV-2020 dan pada pertumbuhan ekonomi sebesar 1,75 persen (yoy). Sektor pertanian tumbuh positif di tengah melemahnya perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan Kementerian Pertanian bersyukur sektor pertanian terus mampu menjaga tren positif kontribusinya pada ekonomi nasional.

“Ini adalah karena petani kita tak henti berkontribusi buat ekonomi nasional. Kami di Kementan membantu mereka menjaga tetap bekerja dengan segala kemampuan yang ada,” jelas Kuntoro di Jakarta, Jumat, 5 Februari 2021.

Terima kasih tak terhingga, lanjutnya harus kita berikan pada para petani, ditengah lesunya ekonomi dan ancaman pandemi. Menurutnya, tahun 2020 dilalui dengan tidak mudah, mulai dengan munculnya beberapa permasalahan dalam produksi hingga pemasaran yang terhambat pembatasan jalur distribusi.

“Petani kita sangat hebat dan tangguh. Kami akan terus jaga momentum ini di 2021 agar kontribusi sektor pertanian terjaga, bahkan bisa meningkat. Berbagai masalah 2020 kita selesaikan agar tidak menghambat produksi,” katanya.

Perlu diketahui, BPS mencatat peningkatan sektor pertanian dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya komoditas tanaman pangan yang mengalami pertumbuhan sebesar 10,47 persen, yang terjadi akibat adanya peningkatan luas panen dan produksi padi, jagung, ubi kayu serta cuaca yang mendukung.

“Kemudian komoditas hortikultura juga tumbuh 7,85 persen karena permintaan buah-buahan dan sayuran selama pandemi covid-19,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here