Airlangga: Ekonomi Indonesia Membaik dan Menuju Tahap Pemulihan

0
282
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia – Nasional) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan, ekonomi Indonesia saat ini terus membaik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang menuju tahap pemulihan.

“Perekonomian global diperkirakan pulih pada tahun 2021. Sejalan dengan hal itu, perekonomian Indonesia juga diperkirakan pulih pada tahun 2021 dengan laju pertumbuhan 4,5 persen hingga 5,5 persen,” ucap Airlangga Hartarto dalam seminar daring Indonesia Economic Outlook ’21 pada Senin (8/2/2021).

Dalam paparannya Airlangga mengatakan, Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia di Januari ini sudah berada di angka 52,3 dari bulan sebelumnya yang sebesar 51,3. Kemudian, kondisi neraca perdagangan juga mengalami surplus US$ 21,74 miliar sepanjang tahun 2020. Nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga dalam kondisi stabil. Jika dibandingkan dengan banyak negara di ASEAN maupun G20, kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia juga terbilang lebih baik. Selain itu, tingkat keyakinan masyarakat juga terus berada pada tren positif.

Menurut Menko Perekonomian ini, pertumbuhan ekonomi tahun 2021 ditargetkan berada di kisaran 4,5 persen hingga 5,5 persen dengan pendorong utamanya adalah konsumsi rumah tangga.

“Indonesia sedang berada di jalur pemulihan ekonomi. Selain itu, pemerintah terus berkomitmen untuk melanjutkan mitigasi penanganan COVID-19. Pandemi ini juga menjadi momentum untuk mengakeselerasi pertumbuhan ekonomi dan reformasi struktural,” pungkas Airlangga.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here