Inspirasi Penempatan Anggrek yang Klasik untuk Rumah Anda

0
796
Anggrek diletakkan menempel di dinding (Foto: Vera Herlina/ Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Anggrek adalah salah satu bunga yang dicintai sepanjang masa. Tidak terpengaruh tren dan permintaan akan bunga ini selalu ada sepanjang tahun. Anggrek diperlukan untuk menghias ruang tamu, sebagai pemberian kepada yang berulang tahun atau dalam kedukaan, dan menjadi dekorasi di hotel ataupun di tempat-tempat umum lainnya dan selalu disukai orang.

Anggek Bulan hasil persilangan (Foto: Vera Herlina/ Vibizmedia)

Jika Anda ingin menanam Anggrek di rumah, Anda memiliki beberapa pilihan. Walaupun tidak memiliki halaman yang luas, Anggrek tetap dapat Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa alternatif penempatan Anggrek.

  1. Penempatan Indoor

Untuk indoor, tanaman ini cukup ditaruh di pot saja. Pot tanah lebih baik daripada pot plastik karena dapat menjaga kelembaban Anggrek. Keluarkan pot untuk mendapat sedikit matahari setiap beberapa hari sekali. Juga sebaiknya letakkan di ruangan ber-AC agar tetap lembab. Jenis Anggrek yang umum ditaruh di dalam rumah adalah Anggrek Bulan. Saat ini Anggrek Bulan  sudah banyak mengalami persilangan. Dari species awal hanya putih dan ungu, kini ragamnya sudah sangat banyak seperti yang dapat Anda lihat di bawah ini.

Penempatan anggrek indoor (Foto: Vera Herlina/ Vibizmedia)
  1. Penempatan outdoor

Anggrek di luar ruangan dapat Anda taruh di berbagai tempat alternatif:

  • Di tembok/dinding
  • Menumpang di pohon besar lainnya seperti pohon Kamboja, pohon Belimbing Wuluh, Kemuning dan lainnya. Dapat digantung ataupun ditempelkan di dahannya.
Penempatan anggrek outdoor (Foto: Vera Herlina/ Vibizmedia)
  • Ditaruh pada batang paralon yang sudah ditaruh sabut kelapa dan setelah itu dapat diletakkan dimana saja.
  • Diletakkan pada kayu yang sudah mati yang dapat Anda poles kembali dan menjadi tempat tumbuh Anggrek.
Anggrek menempel pada batang pohon yang sudah mati (Foto: Vera Herlina/ Vibizmedia)

Perhatikan bahwa Anggrek sangat banyak jenisnya dan setiap Anggrek berbeda perlakuannya. Ada yang suka air, ada yang tidak suka air dan cukup sedikit air saja. Ada yang butuh setengah matahari dan ada yang harus benar-benar di tempat teduh. Menurut para pencinta Anggrek, Anggrek akan bertumbuh baik dan rajin berbunga jika dicintai, disayang, diperhatikan.

Anggrek tanah, salah satu anggrek yang rajin berbunga (Foto: Vera Herlina/ Vibizmedia)

Jenis Anggrek yang rajin berbunga misalnya: Anggrek Dendrobium, Anggrek Tanah, Anggrek Golden Shower, Anggrek Hutan.

Jangan lupa berikan pupuk yang sesuai dengan varietasnya masing-masing. Dan tentu sabar menunggu sampai berbunga lagi bila bunganya sudah habis.

Selamat merawat Anggrek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here