Kupu – kupu nan Cantik yang Bermanfaat bagi Manusia

0
233
(Photo: Dina Boenanto/VM)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Masih ingat sebuah lagu lawas yang sangat terkenal yang diciptakan oleh ibu Soed (alm) yang berjudul Kupu – kupu yang lucu ? Kita lihat sebentar yuk lirik lagunya :

Kupu-kupu yang lucu
Kemana engkau terbang
Hilir mudik mencari bunga – bunga yang kembang
Berayun-ayun pada tangkai yang lemah
Tidakkah sayapmu merasa lelah

Ya … Banyak orang menyukai kupu-kupu. Senang sekali saat melihat kupu – kupu yang terbang kesana kemari dan hinggap pada bunga – bunga yang berwarna – warni saat matahari bersinar cerah. Sayapnya yang cantik dan indah dengan beraneka ragam motif dan warna tampak seperti dilukis dengan begitu sempurna membuat kita berdecak kagum dan terhibur.

(Photo: Dina Boenanto/VM)

Kupu-kupu merupakan serangga yang tergolong dalam ordo Lepidoptera atau ‘serangga bersayap sisik’, memiliki 6 kaki. Pada umumnya, kupu-kupu aktif di waktu siang (diurnal).

Ternyata, kupu – kupu adalah hewan berdarah dingin. Jadi, kupu – kupu tidak mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri. Suhu tubuhnya akan mengikuti suhu / temperatur udara lingkungan di sekelilingnya. Contoh pada suhu udara +/- 12 derajat Celsius kebawah, tubuh kupu -kupu akan berubah menjadi dingin juga yang membuat kupu – kupu tidak dapat terbang untuk mencari makan dan menghindar dari predator. Jadi, suhu udara yang ideal bagi kupu-kupu adalah diantara 27 sampai 37 derajat Celsius yang membuat si kupu-kupu nan cantik ini dapat terbang dengan mudah.

Apa sih makanan favorit kupu-kupu nan cantik ini ? Nektar / sari bunga, yaitu cairan manis yang kaya dengan gula yang diproduksi oleh bunga itu sendiri, yang dihisap oleh kupu – kupu dengan lidahnya yang panjang yang berfungsi seperti sedotan.

(Photo: Dina Boenanto/VM)

Oh ya, kupu – kupu dikenal sebagai hewan yang memainkan peranan penting dalam proses penyerbukan tanaman dengan tingkat keberhasilan yang tinggi loh. Bagaimana caranya ya ? Rupa – rupanya, saat kupu – kupu sedang mengisap nektar maka tanpa disengaja ke 6 kakinya akan menginjak sebuk sari yang secara otomatis akan menempel pada kaki – kakinya. Nah, ketika kupu – kupu terbang dan hinggap pada bunga yang lain, maka butir – butir serbuk sari itu akan jatuh pada kepala putik bunga berikutnya sehingga terjadilah proses penyerbukan.

Tak kalah penting, kupu-kupu dapat digunakan sebagai bio indikator udara bersih. Artinya, makin tinggi keragaman spesies kupu-kupu di suatu tempat menandakan udara / lingkungan di tempat tersebut masih baik / bersih.

Dina Boenanto/Journalist/VM
Editor: Endah Caratri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here