Menko Muhadjir Minta Produk Inovasi UNS Kerjasama Produsen Pabrik dan Diproduksi Massal

0
356
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjajal produk inovas buatani Universitas Negeri Sebelas Maret, pada Jumat, 19 Februari 2021. FOTO: KEMENKO PMK

(Vibizmedia-Nasional) Akademisi dan Ilmuwan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah memanfaatkan pandemi Covid-19 untuk melakukan inovasi dengan menciptakan produk yang bisa membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berkesempatan melihat produk inovasi yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti dari UNS. Beberapa produk inovasi tersebut yakni robot perawat, kursi roda elektrik dengan kemudi, alat pelindung diri, ventilator, terapi plasmapheresis, dan obat herbal Curcuma Pro untuk meningkatkan imunitas.

Menurutnya, UNS telah berhasil memanfaatkan masa sulit pandemi dengan membuat inovasi yang sangat berguna.

“Ini suatu karya monumental. Artinya UNS sudah berhasil mengambil segi positif dari wabah Covid-19 yang melanda Indonesia,” kata Muhadjir saat berkunjung ke UNS, pada Jumat, 19 Februari 2021.

“Saya yakin kalau seandainya tidak ada Covid-19 belum tentu teman-teman UNS sesemangat ini membikin inovasi.”

Beberapa produk inovasi sudah layak untuk diproduksi massal, lanjutnya, seperti robot perawat, kursi roda elektrik, dan alat pelindung diri. Bagi Muhadjir, produk yang dihasilkan sudah sangat baik.

“Sudah sangat bagus. Itu bisa langsung menjalin dengan produsen pabrik. Sehingga bisa diproduksi secara massal. Dan untuk izin produksi izin edar bisa direkomendasikan,” ucapnya.

Muhadjir menyebut beberapa produk inovasi seperti mesin ventilator, terapi plasmapheresis, masih memerlukan uji klinis sampai memenuhi standar agar siap diproduksi secara masal.

“Perlu ada uji klinis lebih lanjut sampai memenuhi standar Kemenkes dan bisa disupervisi dengan BPOM. Kalau sudah disetujui saya bisa merekomendasikan produksinya dan edarnya,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here