Nikmatnya Kuliner Khas Semarang

0
566

(Vibizmedia-Gaya Hidup) Kota Semarang sangat terkenal sebagai “kota kuliner”. Berbagai makanan khas Semarang dapat Anda temui jika datang ke Semarang. Tidak sedikit pengunjung yang khusus datang ke Semarang untuk menikmati keseruan berkuliner di Semarang.

Salah satu kuliner unggulan yang ada di Semarang adalah nasi goreng babat. Nasi goreng babat banyak disukai karena menggunakan jeroan yang dipadu bumbu rempah gurih, manis, dan pedas. Bagi Anda yang suka menyantap jeroan sapi maka perlu mencoba makanan ini.

Ada banyak pedagang nasi goreng babat di Semarang. Bahkan beberapa di antaranya sudah berbisnis selama puluhan tahun dan tetap laris manis sampai dengan hari ini. Mantap sekali kan.

Nah mumpung kalau sedang ada di Semarang, yuk coba kulineran nasi goreng babas ciri khas kota Semarang. Anda bisa mencicipi cita rasa super mantap paduan antara babat dengan nasi. Berbagai jenis bumbu yang digunakan akan memberikan rasa lezat yang tidak terkatakan.

Masih ada lagi lho makanan khas Semarang yang layak untuk dicoba jika Anda berkunjung ke Semarang. Nama makanan khas ini adalah Tahu Gimbal.

(Photo: Jemima/VM)

Komposisi tahu gimbal terdiri dari tahu goreng, irisan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal atau udang yang digoreng dengan tepung, dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang.

Untuk mencari penjual tahu gimbal di Semarang tidaklah susah, sebab para pedagang tahu gimbal berjualan di seberang Taman Indonesia Kaya, atau tidak jauh dari SMA Negeri 1 Semarang dan Kantor Provinsi Jawa Tengah. Tidak mudah kan untuk mencari lokasinya kalau Anda mau mencicipi rasanya.

Umumnya para pedagang tahu gimbal baru akan mulai membuka kedainya di atas jam 17.00. Uniknya lagi sebagian besar pedagang tahu gimbal di Semarang menamakan kedainya sebagai tahu gimbal Edy. Konon pak Edy adalah pelopor tahu gimbal di kota Semarang dan sampai hari ini pun beliau masih berjualan di lokasi yang sama.

Yang juga menjadi khas lagi adalah di setiap penjual tahu gimbal umumnya juga menjual es campur durian yang segar. Harga satu porsi tahu gimbal sama dengan harga semangkuk es campur yaitu Rp. 20.000. Yuk, mari menikmati serunya kuliner khas Semarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here