Presiden Ingin Food Estate di Sumba Tengah Kurangi Kemiskinan dan Panen 2 Kali Setahun

0
272
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers usai meninjau lokasi food estate di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, pada Selasa, 23 Februari 2021. FOTO: BPMI

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo meninjau langsung food estate atau lumbung pangan di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, pada Selasa, 23 Februari 2021.

“Hari ini (Selasa), saya melakukan kunjungan kerja untuk melihat food estate yang ada di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur,” ungkap Presiden Jokowi dalam keterangan persnya, usai meninjau lokasi food estate yang sedang diguyur hujan.

Presiden menegaskan bahwa pembangunan food estate tersebut dilakukan karena tingkat kemiskinan. Selain itu juga untuk mendorong masa panen padi, jagung dan kedelai yang diharapkan bisa dua kali dalam setahun.

“Data yang saya miliki 34 persen kemiskinan ada disini dan panen yang ada di Sumba Tengah setahun baru sekali, yaitu padi. Kita ingin mengelola agar setahun bisa dua kali panen padi dan sekali panen jagung dan kedelai,” jelas Presiden.

Selain itu, menurutnya, persoalan air merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi. Sejak tahun 2015 hingga 2018, Presiden mengatakan sudah dibangun sumur bor yang masuk ke sawah serta beberapa embung.

Diakhir keterangannya, Presiden meyakini kehadiran food estate di Kalimantan Tengah, di Sumatera Utara dan di NTT bisa membangun ketahanan pangan yang baik bagi Indonesia. Kedepannya, pemerintah akan mencopy food estate ke provinsi-provinsi lain yang telah memiliki kesiapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here