Pemerintah Siapkan Logistik dan SDM Optimalkan Testing

0
340
Ilustrasi rapid test Covid-19. FOTO: KEMENKES

(Vibizmedia-Nasional) Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan pemerintah melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan upaya 3T yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) terhadap pasien Covid-19. Pemerintah juga berupaya mencukupi logistik dan sumberdaya manusia (SDM) dalam memenuhi kebutuhan upaya testing dan tracing.

Saat ini, Kementerian Kesehatan tengah menyiapkan 724 ribu kit stock siap kirim, dan terdapat 1 juta kit yang merupakan donasi dari World Health Organization (WHO).

“Hal ini ditujukan untuk mengoptimalkan upaya testing (pemeriksaan) Covid-19,” terang Prof Wiku dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB secara virtual, pada Selasa, 23 Februari 2021.

Lalu untuk memenuhi kebutuhan tracing, optimalisasi dilakukan dengan bentuk penyiapan SDM sebanyak 10.166 orang petugas surveilans puskesmas, dan 5.877 orang petugas tracer. Dan kedepannya jumlah ini akan terus ditambah. Pemerintah juga katanya telah membuat indikator kinerja petugas tracer, agar proses penelusuran berjalan optimal.

Prof Wiku juga menekankan bahwa kedua sumberdaya tersebut akan didistribusikan sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Hal ini bertujuan agar dapat mencapai testing, dengan target dan penelusurannya yang lebih luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here