Nasi Jamblang Pelabuhan, Kuliner Legendaris di Cirebon

0
149
(Photo:Tiurlan/VM)

(Vibizmedia-Gaya Hidup) Nasi Jamblang Pelabuhan ini merupakan kuliner yang legendaris yang seringkali dicari wisatawan ketika mereka datang ke Cirebon. Lokasinya tersembunyi dan terselip di balik gapura pelabuhan, petunjuk untuk menuju lokasi nasi jamblang pelabuhan hanyalah sebuah papan nama kecil. Di sampingnya ada tanda panah yang mengarahkan orang menuju jalan setapak—jalan masuk ke warung itu. Dikatakan legendaris karena tempat ini sudah ada sejak 1990-an.

(Photo:Tiurlan/VM)

Perbedaannya dengan Nasi Jamblang lain, Nasi Jamblang Pelabuhan memakai nasi panas. Sedangkan umumnya yang lain semua nasi sudah dibungkus daun jati. Di tempat legendaris ini daun jati tetap menjadi alas nasi tapi bukan pembungkusnya. Makan dengan nasi panas selalu terasa sangat nikmat.

(Photo:Tiurlan/VM)

Nasi Jamblang Pelabuhan ini juga memiliki aroma yang wangi. Karea daun jati muda yang dipakai ini memberi aroma yang khas dan mempengaruhi citarasa. Tekstur nasinya juga pas, tak dimasak terlalu pulen, dan empuk seperti ketan. Mantap sekali kan.

(Photo:Tiurlan/VM)

Tersedia berbagai menu rumahan yang tampak nikmat, dan juga sangat menggairahkan. Ada tempe goreng, telur dadar, oseng kerang, daging sapi, dan yang paling spesial: sontong serta semur tahu. Ditambahkan juga pepes, paru, usus, perkedel, sambel, ikan asin, telor dadar dibelah 4, semur daging atau ati dan yang khas adalah sate kentang dan blakutak alias cumi yang dimasak dengan tintanya. Semua menu itu dikemas sederhana, tapi punya cita rasa bintang lima.

(Photo:Tiurlan/VM)

Keunikan Nasi Jamblang Pelabuhan ini sudah diakui orang luar dan orang asli Cirebon. Resep masakan yang dipakai untuk mengolah bumbu adalah resep turun-temurun dari keluarga yang dipertahankan, waktu demi waktu. Jika Ada mau merasakan sensasinya maka paling enak datang pada pukul 10.00 WIB. Masakannya masih lengkap dan sudah matang semua. Sekitar jam 14.00 siang masakan sudah mulai habis. Bagi Anda yang berminat…yuk bisa datang ke tempat legendaris ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here