Kementerian ESDM Apresiasi Upaya PLN Memodernisasi Infrastruktur Kelistrikan

0
111
Teknologi smart grid membuat otomatisasi dan sistem pengaturan yang efisien (Foto: Kementerian ESDM)

(Vibizmedia – Nasional) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan apresiasi atas kinerja Perusahaan Listrik Negara/ PT PLN (Persero) dalam memodernisasi infrastruktur ketenagalistrikan. Langkah modernisasi itu dijalankan oleh PLN dengan digitalisasi seperti pemasangan struktur lanjutan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, dalam keterangannya, usai menghadiri Webinar Smart Grid: Implementation of Smart Grid, pada hari Jumat (26/2/2021).

Menurut Arifin, penggunaan teknologi smart grid membuat otomatisasi dan sistem pengaturan yang efisien, sehingga sangat cocok digunakan dalam memanfaatkan energi baru terbarukan di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Pengembangan teknologi ini memungkinkan masyarakat tidak hanya sebagai pengguna energi saja, tetapi juga penghasil energi.

“Pengembangan teknologi ini memungkinkan keterlibatan masyarakat di dalamnya. Sehingga kedepannya masyarakat tidak hanya jadi konsumen tetapi beralih menjadi orang yang bisa produksi listrik sendiri,” ujar Arifin.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin juga mengapresiasi kinerja PLN dalam mengatasi bencana banjir di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

“PLN sudah sangat cepat dan tanggap bersiaga mengamankan pasokan listrik. Ini adalah etos kerja baik yang harus dipertahankan. Untuk beberapa wilayah yang memang masih mengalami banjir, PLN memadamkan pasokan listrik, itu tentu demi keselamatan masyarakat,” pungkasnya.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here