Tetap Termotivasi saat Anda Bekerja dari Rumah

0
497

(Vibizmedia – Manajemen) Bekerja dari rumah selama masa pandemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pekerja. Apakah Anda sendirian di rumah dan rumahnya terlalu sepi, atau justru Anda berada di rumah dengan keluarga dan anak-anak yang sangat tidak terkendali, sehingga Anda mungkin merasa sulit untuk tetap mengerjakan tugas, sulit menyelesaikan pekerjaan, dan merasa kurang produktif. Strategi berikut dapat membantu Anda tetap termotivasi saat bekerja dari rumah.

1. Buat Jadwal yang jelas

Tanpa jam kerja yang terstruktur, Anda bisa dengan mudah keluar jalur atau terganggu saat bekerja. Dan proyek yang biasanya memakan waktu 20 menit tiba-tiba berlangsung selama 2 jam. Itulah sebabnya sangat penting untuk memiliki jadwal yang jelas. Tetapkan waktu untuk memulai dan mengakhiri pekerjaan. Cobalah untuk mematuhinya sebanyak yang Anda bisa.

2. Ciptakan Ruang Kerja Khusus

Anda mungkin tergoda untuk bekerja di tempat tidur. Lagi pula, itu mungkin ruang paling nyaman di rumah. Tetapi alangkah baiknya membuat ruang kerja di tempat lain. Meja dapur atau meja di sudut ruang tamu mungkin bisa menjadi alternatif yang lebih baik untuk kamar tidur Anda.

3. Batasi Gangguan dan Gangguan Anda

Anda mungkin merasa kesulitan untuk kembali mengerjakan tugas setiap kali terganggu. Anda bisa tetap termotivasi dengan membatasi gangguan dan gangguan yang Anda alami.
Ini mungkin bisa berarti mematikan notifikasi telepon Anda dan hanya memeriksa email Anda sekali dalam satu jam. Atau menempatkan ponsel Anda pada “Jangan Ganggu” hingga Anda menyelesaikan tugas tertentu.
Jika Anda bekerja dari rumah dengan anak-anak, buat mereka tetap sibuk untuk mengurangi frekuensi mereka mengganggu Anda. Beri mereka tugas yang harus dilakukan dan rencanakan untuk memeriksanya pada waktu tertentu.

4. Berlatih menggunakan “Aturan 10 Menit”

Mungkin sulit untuk meyakinkan diri sendiri untuk mulai mengerjakan tugas yang benar-benar tidak ingin Anda lakukan. Apakah Anda tahu itu akan membosankan, membuat frustrasi, atau benar-benar menantang, meyakinkan diri sendiri untuk memulai itu sulit.

Salah satu cara terbaik untuk melanjutkan sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan adalah dengan menggunakan “aturan 10 menit”. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda hanya perlu mengerjakan sesuatu selama 10 menit. Kemudian, setelah tanda 10 menit, Anda dapat beristirahat jika Anda mau.

5. Hargai Diri Anda

Anda mungkin merasa bekerja paling baik jika tahu ada sedikit imbalan/reward yang menunggu Anda. Misalnya, katakan pada diri sendiri bahwa Anda dapat menikmati secangkir teh favorit atau kue kesukaan Anda segera setelah Anda menyelesaikan laporan ini. Sedikit insentif sering kali dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan secara efisien. Dan itu akan membantu Anda melihat apa yang mampu Anda capai.

6. Bereksperimen Dengan Berbagai Strategi

Ada banyak tip online tentang cara bekerja dengan baik dari rumah. Tapi setiap orang berbeda. Dan apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain.
Jadi, penting untuk bereksperimen dengan berbagai strategi untuk menemukan strategi yang berhasil bagi Anda. Anda mungkin merasa lebih termotivasi di malam hari, atau Anda mungkin memiliki lebih banyak energi setelah berolahraga di pagi hari.

7. Berlatihlah Mengatur Emosi Anda

Penelitian menunjukkan bahwa kita cenderung menunda tugas-tugas yang menimbulkan perasaan tidak nyaman. Misalnya, jika Anda cemas dengan janji temu medis, Anda mungkin tidak termotivasi untuk menghubungi dokter.
Dalam kasus ini, kurangnya motivasi berasal dari keinginan Anda untuk menghindari ketidaknyamanan. Dan saat Anda bekerja dari rumah, selalu ada banyak peluang untuk terlibat dalam sesuatu yang lebih menyenangkan daripada pekerjaan yang seharusnya Anda lakukan. Jadi ingatkan diri sendiri bahwa Anda bisa mengatasi perasaan tidak nyaman dan juga ingatkan diri Anda sendiri tentang betapa senangnya Anda saat menyelesaikan proyek tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here