PUPR Targetkan Tol Cengkareng-Kunciran Sepanjang 14,19 KM Selesai Maret 2021

0
355
Pembangunan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran ditargetkan selesai Maret 2021. FOTO: PUPR

(Vibizmedia-Nasional) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan salah satu dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II), yakni pembangunan tahap akhir Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran sepanjang 14,19 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran saat ini telah mencapai 93,06% dengan nilai investasi sebesar Rp1,96 triliun ini ditargetkan selesai Maret 2021.

Pembangunan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran-Tirtayasa) sepanjang 2,04 kilometer, Seksi II (Tirtayasa-Benteng Betawi) sepanjang 3,52 kilometer. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi-H.Sastranegara) sepanjang 6,57 kilometer, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara-SS Benda) sepanjang 2,06 kilometer.

Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.

Dukungan ruas tol ini adalah untuk memperlancar lalu lintas/memangkas waktu perjalanan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi Megapolitan Jabodetabek, sekaligus mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya.

Perlu diketahui, selain Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran, ruas tol 6 Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) lainnya adalah Jalan Tol Kunciran – Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong – Cinere (10,14 Km), Jalan Tol Cinere – Jagorawi (14,70 Km), Jalan Tol Cimanggis – Cibitung (26,18 Km), Jalan Tol Cibitung – Cilincing (34,02 Km).

Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Selain itu juga diharapkan menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan wilayah sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here