Resmikan Bendungan Sindang Heula, Jokowi: Kendalikan Banjir dan Pasokan Irigasi di Banten

0
261
Presiden Joko Widodo bersama rombongan terbatas meninjau Bendungan Sindang Heula di Serang, Provinsi Banten usai meresmikannya, pada Kamis, 4 Maret 2021. FOTO: BPMI

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Sindang Heula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Banten, pada Kamis, 4 Maret 2021. Presiden berharap dengan adanya bendungan tersebut, selain berfungsi menjaga pasokan air untuk pertanian, juga mampu mengendalikan banjir di kawasan tersebut.

“Bendungan ini bermanfaat untuk pengendalian banjir, dengan mengurangi banjir 50 meter kubik per detik, dari meluapnya sungai Ciujung dan Sungai Cidurian, yang sering menggenangi daerah Kabupaten Serang dan sekitarnya,” terang Presiden saat meresmikan.

Bendungan dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik ini juga berfungsi memastikan pasokan irigasi untuk 1.280 hektare sawah di Provinsi Banten. Jokowi berharap, keberadaan bendungan ini bisa meningkatkan produktivitas pertanian di Banten.

“Bendungan ini juga menyediakan air baku bagi daerah industri yang berkembang di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon dan bendungan ini mampu menyediakan air baku,” kata Jokowi.

Selain itu, Presiden juga menyebut, bendungan tersebut berfungsi untuk membangkitkan tenaga listik menghasilkan 0,40 Megawatt, yang dapat dimanfaatkan oleh warga Banten.

“Kita tidak ingin dengan energi fosil, untuk konservasi dan pariwisata harus kita jaga, sehingga air waduk semakin tahun semakin tahun bisa naik dan bisa digunakan dan tentu saja ini masuk juga bisa jadi destinasi wisata baru di provinsi banten, dan bisa di luar Banten,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here