Serangga yang Bermanfaat dalam Kehidupan Manusia

0
138
(Photo: Elok/Kontributor VM)

(Vibizmedia-Gaya Hidup) Mungkin jenis binatang ini seringkali dianggap remeh oleh kita karena tampak seperti tidak berdaya di mata kita. Padahal binatang yang seringkali ada di sekitar kita itu bisa memberikan banyak manfaat lho bagi kehidupan manusia. Bahkan kehidupan kita juga sangat bergantung dari binatang yang ada di sekitar kita. Binatang apakah itu? Ya, makhluk hidup itu adalah serangga.

Seperti yang dikutip dari Wikipedia, serangga atau bisa disebut juga sebagai insecta berasal dari bahasa latin yang disebut sebagai insectum. Serangga dapat diartikan sebagai salah satu hewan yang di mana bagian tubuhnya terbagi menjadi tiga bagian berbeda. Tiga bagian tersebut adalah kepala, thorax dan abdomen. Serangga memiliki ukuran dan jenis yang berbeda-beda.

Hampir keseluruhan dari serangga berasal dari telur yang nantinya akan bermetamorfosis hingga memasuki usia dewasa seutuhnya. Serangga yang sudah memasuki usia dewasa bisa bergerak dengan berbagai cara yang berbeda-beda. Ada yang berjalan, terbang bahkan tidak sedikit juga terdapat serangga yang bisa mengapung di atas air karena habitatnya yang berbeda-beda. Seru kan melihat berbagai jenis serangga yang ada di sekeliling kita.

Ada beberapa jenis serangga yang sebenarnya bermanfaat lho bagi kehidupan manusia. Yuk kita lihat sebagian diantaranya.

(Photo: Elok/Kontributor VM)

Kupu-kupu
Kupu-kupu adalah sejenis serangga yang mempunyai sayap yang indah dan bertugas untuk melakukan penyerbukan dari tanaman atau bunga yang berada di sekitar halaman rumah. Tugas penyerbukan ini sangatlah penting sebagai salah satu cara proses perkembangbiakan dari tanaman yang ada.

(Photo: Elok/Kontributor VM)

Kumbang Tanah
Sesuai dengan namanya, kumbang tanah ini memiliki habitat untuk berada di dalam tanah. Keberadaan dari kumbang tanah sangatlah membantu untuk menjaga kesehatan tanah, karena kumbang jenis ini akan menyerang ulat-ulat hama yang sering memakan batang dan daun dari tanaman. Tanpa adanya ulat yang mengganggu maka otomatis tanaman akan bisa tumbuh dengan lebih baik.

(Photo: Elok/Kontributor VM)

Tawon
Sebagai predator, keberadaan dari tawon sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Tawon mempunyai peran ekologi untuk membasmi berbagai hama yang mengganggu. Bisa dibayangkan jika di dunia ini tidak ada tawon untuk membasmi berbagai hama, maka otomatis jumlah hama yang mengganggu tanaman akan mengalami peningkatan secara pesat dan merusak tanaman yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here