Rizki Situngkir, Kenalkan Sehat dan Enaknya Kale Lewat Kebun Rizki

0
460

(Vibizmedia – Gaya Hidup & Hiburan) Siapa sangka, dimulai dari keinginan untuk membantu memperkenalkan cara hidup sehat, mendorong Rizki Situngkir untuk membuat sebuah bisnis yang unik, yang dinamakan Kebun Rizki.

Bisnis Kebun Rizki sendiri, merupakan bisnis yang menanam, mengolah dan memasarkan sayuran kale organik. Yang menarik, sayuran kale organik itu, selain dijual dalam bentuk sayuran asli, juga diolah dan dijual menjadi makanan atau minuman yang dapat dikonsumsi dengan nikmat. “Kebun Rizki ingin membantu masyarakat untuk memiliki hidup sehat dengan cara menyediakan sayuran organic Kale dengan friendly access.” Rizki menjelaskan.

Rizki Situngkir di Kebun Rizki (Foto: Rizki)

Kreatif Mengolah Kale Jadi Makanan dan Minuman Enak

Rizki memang bisa dikatakan kreatif dalam memperkenalkan sayuran kale pada masyarakat. Selain menjual sayur kale mentah, Rizki juga menjualnya dalam bentuk olahan seperti jus Kalemonade, Kale Chicken Nugget, Kale Ravioli, Kale Chicken Pie, dan Kale Tuna Puff.

Mengenai kualitas, dapat dipastikan bahwa produk makanan yang dihasilkan Rizky tanpa mengandung bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi. Untuk produk jus kalemonade yang dihasilkannya, merupakan olahan dari kale, lemon, dan madu, hasil kolaborasi dengan para petani lemon dan peternak lebah.

Kale Tuna Puff, salah satu menu olahan kale dari Kebun Riski (Foto: Risky)

“Mengolah makanan sehat sekaligus enak merupakan tantangan tersendiri. Diperlukan ide, kreativitas dan strategi agar dapat membuat orang mau mengkonsumsi penganan sehat karena enak.” Rizki menjelaskan.

Kale, Sayuran Sehat yang Kaya Gizi

Pilihan Bu Rizki untuk berbisnis kale organik memang tepat. Kale sendiri, memang merupakan salah satu superfood yang kaya gizi.

Dalam 70 gram daun kale mentah, mengandung sekitar 33 kalori dan beragam nutrisi penting lainnya, yaitu karbohidrat, serat, protein, hampir 700% dari kebutuhan harian vitamin K, lebih dari 200% dari kebutuhan harian vitamin A, lebih dari 100% dari kebutuhan harian vitamin C, dan mineral, termasuk didalamnya kalsium, kalium, magnesium, zat besi, dan juga fosfor.

Kandungan vitamin C yang ada pada daun kale, bermanfaat untuk mengurangi peradangan, mencegah bahaya oksidasi dalam tubuh, serta memperkuat sistem kekebalan.

Sampai disitu saja? Tentu tidak. Daun kale, mengandung asam lemak omega-3, mangan, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), serta niasin (vitamin B3), dan juga berbagai senyawa antioksidan, seperti beta karoten, flavonoid, dan polifenol. Salah satu jenis flavonoid unik yang ditemukan dalam jumlah besar yaitu senyawa quercetin dan kaempferol.

Jus Kalemonade yang kaya vitamin dan berbagai anti oksidan (Foto: Rizki)

Selain itu, daun kale, juga berpotensi sebagai antikanker yang baik. Manfaat yang luar biasa dari kale ini, didapatkan dari kumpulam senyawa bioaktif di dalamnya, yang terbukti bisa meningkatkan proses detoksifikasi tubuh dan juga melindungi sel dari kerusakan DNA, sehingga bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

Healthy Body, Healthy Environment

Menurut Rizki, sayuran kale masih belum populer bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Namun, ia hendak menonjolkan kale organik yang ditanamnya. Baginya, penanaman organik sangat penting bagi pertanian, yaitu untuk menjaga dari pemakaian pupuk atau pestisida kimia yang dapat membahayakan tubuh dan alam.

Rizky memang bisa dikatakan perduli pada kesehatan konsumennya. “Healthy Body, Healthy Environment adalah misi saya dalam melakukan bisnis ini. Healthy body karena produk yang dihasilkan sehat dan bergizi tinggi bagi para konsumennya, Healthy Environment karena berkebun organic tanpa menggunakan bahan kimia merupakan bentuk kepedulian terhadap alam.” Rizki menjelaskan.

Tentunya, Rizki juga punya harapan, agar semua produk makanan dan minuman sehat yang dihasilkan dari Kebun Rizki, bisa membuat orang lebih memilih makanan yang tidak hanya enak, tetapi juga sehat dan bergizi tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here