10 Megatrend Dunia hingga Tahun 2045, Menurut Kepala Bappenas

0
2656
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FOTO: BAPPENAS

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan 10 kecenderungan besar (Megatrend) dunia sampai dengan tahun 2045.

Oleh karena itu, dibutuhkan birokrasi berkarakter masa depan seperti Proaktif dan bekerja berbasis bukti (evidence-based), Adopter perkembangan TIK, Berfokus pada hasil dan kinerja, dan Berorientasi pelayanan pada masyarakat. Karena terdapat berbagai tantangan pembangunan birokrasi yang meliputi: kompleksitas permasalahan publik, transformasi digital, kebijakan berbasis data, keterbukaan pemerintah, pergeseran budaya dan orientasi kewilayahan.

Suharso mengatakan 3 ciri birokrasi 2045. Pertama, Struktur kelembagaan yang adaptif, efektif, dan kolaboratif. Kedua, Tata kelola yang terbuka, partisipatif, dan berrbasis TIK. Ketiga, SDM ASN yang profesional dan berintegritas.

“Penguatan reformasi birokrasi dan kelembagaan diarahkan melalui pengarusutamaan reformasi birokrasi di seluruh sektor dan bidang untuk mendukung visi NKRI yang berdaulat, maju, adil dan makmur,” jelas Suharso saat menjadi narasumber dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh Politeknik STIA LAN Jakarta.

10 kecenderungan besar (Megatrend) dunia sampai dengan tahun 2045, papar Suharso, meliputi:

1. Demografi Global, penduduk dunia menjadi 9,45 miliar (Asia 55%). Tren demografi global mendorong urbanisasi, arus migrasi, dan penduduk usia lanjut.

2. Urbanisasi Dunia, penduduk dunia yang tinggal di perkotaan mencapai 65% dengan 96% pertambahan terjadi di emerging economies.

3. Peranan Emerging Economies, output negara berkembang 71% dari total output dunia dengan Asia sebagai pendorong utama sebesar 54%.

4. Perdagangan Internasional, perdagangan global tumbuh 3,4%per tahun. Negara berkembang menjadi poros perdagangan dan investasi dunia dengan pertumbuhan 6% per tahun.

5. Keuangan Internasional, dominasi mata uang dunia bergesar dari dolar AS menjadi multi currencies. Aset keuangan emerging economies diperkirakan melebihi negara maju.

6. Kelas Menengah, jumlah middle dan upper income class lebih dari 84 persen (8,1 miliar) yang didominasi oleh Asia dan Amerika Latin.

7. Persaingan Sumber Daya Alam, peningkatan peranan ekonomi Asia dan penduduk di Afrika mendorong persaingan merebutkan SDA, Technological advancement meningkatkan efisiensi eksploitasi SDA.

8. Teknologi, tren perubahan teknologi yang didominasi oleh teknologi informasi dan komunikasi, bioteknologi dan rekayasa genetik, wearable devices, energi terbarukan, otomatisasi, dan artificial intelligence.

9. Perubahan Iklim, tantangan pemanasan global semakin besar, kejadian ekstrim dan perubahan iklim jangka panjang. Suhu global meningkat 3-3,5ºC tanpa adanya usaha menurunkan emisi.

10. Perubahan Geopolitik, peningkatan peranan China, kerentanan di Kawasan Timur Tengah, serta meningkatnya kelas baru dan kelompok penentu.

Kemajuan teknologi mendorong efisiensi, kesempatan baru, dan berdampak pada kebutuhan tenaga kerja, lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here