Indahnya Perjalanan Melalui Jalan Poros Palu-Palolo, Sulawesi Tengah

1
135
(Photo: Risby/Kontributor/VM)

(Vibizmedia-Lensa Vibizmedia) Jalan Poros Palu- Palolo terletak di kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Panjangnya sekitar 45-60 km atau sekitar 1 jam perjalanan dengan motor. Kontur jalan berbelok belok dan naik turun, karena memang ini adalah pegunungan yang dibuat jalan. Harus ekstra hati hati dan menguasai medan. Tapi bagi sebagian pengendara sepeda motor, rute jalan poros ini bisa jadi merupakan rute yang paling menarik dan penuh tantangan asalkan dengan penuh kehati hatian. Karena banyak pemandangan indah yang bisa ditemukan pada pada pagi hari. Matahari terbit disertai sejuknya embun fajar yang menyambut udara segar adalah ciri khas Sulawesi Tengah yang patut dinikmati. Sementara saat matahari tenggelam juga merupakan saat indah melihat kota Palu dari dataran tinggi.

(Photo: Risby/Kontributor/VM)

Dalam perjalanan menuju Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso, kita akan melihat Gunung Nokilalaki dari kejauhan yang indah. Memang rute Poros Palu-Palolo penuh perjuangan, namun sepadan dengan itu, akan ada pengalaman indah tak terlupakan. Hamparan hijau tumbuhan di bukit yang asri, langit biru beserta rentetan awan dan gunung membuat tubuh menjadi bugar.

(Photo: Risby/Kontributor/VM)

Sangat senang melewati desa desa dan sawah ladang terbentang, disertai beberapa pohon kelapa yang berayun ayun dan kicauan burung.

(Photo: Risby/Kontributor/VM)

Jalan Trans Palu-Palolo juga pernah terdampak gempa dan Likuifaksi di Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi pada tahun 2018. Namun masyarakat sudah bangkit kembali.

(Photo: Risby/Kontributor/VM)

Sebaiknya jangan bermotor di malam hari, karena suasana jalan sangat gelap dan tidak lebar. Paling disarankan adalah melaluinya di pagi dan sore hari.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here