Danau Tondano, Destinasi Wisata Menarik di Minahasa

0
132
Wisata Danau Tondano (Foto: Adelady Thomas/ VM)

(Vibizmedia – Gaya Hidup & Hiburan) Danau Tondano sebagai salah satu wisata di Indonesia yang terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara. Terletak di ketinggian 684 mdpl dan menjadi danau terluas yang ada di Sulawesi Utara karena memiliki luas sekitar 4.278 hektar. Perjalanan menuju Danau Tondano dari kota Tomohon sekitar 30 menit sedangkan dari Manado sekitar 1 jam lebih. Perjalanan ke danau Tondano bisa menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, atau naik angkutan umum dari Manado / Tomohon ke arah Tondano.

Danau Tondano dengan salah satu spot foto yang menarik (Foto: Adelady Thomas/ VM)

Pemandangan di Danau Tondano sangatlah indah. Dimulai dari perjalanan memasuki kawasan wisata Danau Tondano, para wisatawan dapat merasakan suasana dan udara yang sangat sejuk, serta melihat pemandangan yang menarik. Adanya pemandangan perbukitan, hamparan sawah yang hijau, rumah panggung kayu khas Minahasa. Danau Tondano dikelilingi oleh pegunungan yang rata-rata ketinggiannya adalah sekitar 700-900 meter dari permukaan laut, antara lain Gunung Lembean, Gunung Kaweng, Gunung Tampusu, Gunung Masarang. Danau Tondano ini mencakup tiga kecamatan yaitu Remboken, Kakas, dan Eris.

Banyak tempat wisata menarik lainnya disekitar kawasan Danau Tondano, diantaranya adalah Sumaru Endo, Wisata Bukit Pinus, dari sisi danau Tondano di Toliang Oki dan Tondano Pante wisatawan bisa melihat laut Maluku yang indah di bagian bukit Lembean. Wisatawan yang berkunjung bisa berkeliling di danau Tondano dengan menggunakan perahu. Di tepi danau pun para wisatawan masih bisa menikmati indahnya Danau Tondano dengan pemandangan burung camar dan elang yang mencari ikan, nelayan yang sedang mengatur karambanya, dapat melihat masyarakat setempat yang menangkap ikan Nike (endemik danau Tondano yang memiliki panjang rata-rata 1cm) menggunakan jaring yang terlihat seperti sendok dengan tongkat bambu pada kedua sisinya. Bagi yang memiliki hobi memancing pasti akan menyukai danau Tondano, karena bisa memancing banyak ikan air tawar (ikan mujair, ikan sepat, ikan gabus, lobster air tawar, ikan tawes, ikan gurame). Keunggulan dari Danau Tondano adalah ikan khasnya yang hanya ada di Danau Tondano yaitu Ikan Marbel Goby atau yang sering disebut dengan ikan betutu. Ikan ini salah satu komoditi yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Danau Tondano yang instagramble (Foto: Adelady Thomas/ VM)

Tak hanya itu saja, di tengah danau ada sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Likri dengan ukuran 100 m x 30 m. Masih banyak yang belum mengetahui bahwa ada pulau kecil di tengah danau Tondano. Pulau ini unik karena mirip dengan segumpal rumput yang mengembang di bagian tengah danau. Kawasan Danau Tondano juga memiliki wisata kuliner yang menggiurkan, penduduk lokal biasanya menjual bakso ikan nike atau woku-woku belanga (cara memasak ikan tangkapan khas dari masyarakat Minahasa, Sulawesi Utara). Bahkan banyak restoran atau tempat makan di sekitar danau yang menyediakan makanan khas Minahasa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here