J&T Express Berencana IPO Di Wall Street, Target USD 1 Miliar

0
133

(Vibizmedia – IDX Stocks) – J&T Express, perusahaan jasa pengiriman Indonesia dikabarkan akan menggelar penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) di Wall Street, bursa saham Amerika Serikat (AS).

Dari aksi korporasi ini, perusahaan tersebut menargetkan dana fantasti karena mencapai lebih dari US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,4 triliun.

Mengutip Bloomberg, perusahaan yang berbasis di Jakarta tersebut telah menunjuk penasihat untuk melancarkan rencananya IPO tersebut. Adapun, IPO ini akan dilakukan paling cepat pada kuartal IV-2021.

Penawaran ini juga disebutkan dapat memberi valuasi kepada J&T Express sekitar US$ 5 miliar. Perusahaan juga dikabarkan sedang mempertimbangkan putaran pendanaan baru setelah baru-baru ini mengumpulkan US$ 300 juta.

Dengan rencana ini, J&T Express berpotensi mengalahkan PT Indosat Tbk sebagai perusahaan dengan IPO terbesar di AS yang berasal dari Indonesia.

Menurut data Bloomberg, Indosat mengumpulkan US$ 1,05 miliar dalam IPO yang digelar pada tahun 1994. Jika berhasil, J&T Express juga akan menjadi perusahaan Indonesia pertama yang terdaftar di New York sejak 2019.

Di sisi lain, untuk tahun ini, J&T Express memasang target pertumbuhan bisnis yang cukup signifikan karena mencapai 50% hingga 70%. Sementara untuk target volume pengiriman, J&T menargetkan bisa mencapai 3 juta sampai 5 juta paket per hari.

Guna mencapai target tersebut pihaknya berupaya untuk terus memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan termasuk saat persiapan jelang Ramadan dengan memperbanyak armada, SDM, dan peralatan.

Baru-baru ini J&T Express menghadirkan layanan baru yaitu J&T Super dengan mengedepankan jaminan service level agreement (SLA) yang lebih cepat dan tepat.

J&T Super adalah inovasi pengiriman yang menjamin paket akan sampai pada hari yang sama untuk pengiriman dalam kota atau dalam waktu kurang dari 2 hari untuk pengiriman antar kota.

Adapun aturan main SLA-nya pengiriman dalam kota yang sama jika dikirim dibawah pukul 10.00 wib akan sampai di hari yang sama sebelum pukul 21.00 WIB. Namun bila pengiriman dilakukan dalam kota yang sama diatas pukul 10.00 WIB atau beda kota maka paket akan sampai keesokan harinya sebelum pukul 12.00 WIB.

J&T Express didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015 oleh founder sekaligus owner J&T Express Jet Lee dan Tony Chen. J&T yang memiliki nama resmi PT. Global Jet Express mulai beroperasi pada awal September 2015.

Perusahaan jasa kurir yang telah berkembang di Indonesia dan juga telah merambah ke negara-negara lain termasuk Malaysia, Vietnam, Thailand, Singapura, Kamboja Dan China ini memiliki kantor pusat di Pluit, Jakarta Utara, namun sampai saat ini belum melantai di Bursa Efek Indonesia.

Kini, perusahaan juga sudah mempunyai lebih dari 350.000 karyawan dan baru-baru ini meluncurkan sebuah kargo udara di Tangerang.

J&T Express bermitra dengan sejumlah e-commerce Indonesia, seperti PT Tokopedia dan Bukalapak.com dan Shopee.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here